Gambar_Langit Gambar_Langit

Dodi Reza Pimpin Kembali KADIN Sumsel

waktu baca 2 menit
Senin, 7 Des 2020 19:41 0 110 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel – Dodi Reza Alex Noerdin kembali dipercaya memimpin Kamar Dagang Industri (KADIN) Sumsel
masa bakti 2020-2025. Bupati Muba tersebut terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Provinsi (Muprov) KADIN Sumsel di Hotel Santika Premiere Palembang,  Senin (7/12/2020).

Ia menjelaskan,  KADIN Sumsel akan all out dalam upaya pemulihan ekonomi daerah di tengah pandemi Covid-19. Pemulihan ekonomi secara instan itu dapat dilakukan dengan cara goverment maping harus terserap 100 persen,  stimulus fiskal harus digelontorkan, UMKM harus diberikan digitalisasi dan adaptasi untuk perkembangan selanjutnya serta mendorong hilirisasi komoditas di Bumi Sriwijaya.

“Melalui hilirisasi komoditas KADIN Sumsel mendukung pemulihan ekonomi nasional dan akan fokus meningkatkan kembali ekonomi daerah,” katanya.

Ia mengatakan, KADIN Sumsel berkeyakinan fokus dalam melakukan peningkatan hilirisasi berbagai komoditas di Sumsel dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di masa-masa mendatang. Menurutnya, upaya-upaya yang dilakukan ini bisa menjadi pilot project di Indonesia dan diikuti daerah lain dalam rangka upaya memulihkan perekonomian di sektor perkebunan rakyat.

“Contoh hilirisasi kelapa sawit,  selama ini produk sawit dijual langsung ke pabrik besar. Ke depan kita ingin menghasilkan biohidrocarbon atau langsung menjadi bahan bakar sendiri seperti bensin sawit, Delta 100 (D100) hingga avtur dengan kualitas tinggi,” harap Dodi.

Ketua Umum KADIN Pusat, Rosan P. Roeslani menambahkan pihaknya
mengapresiasi langkah KADIN Sumsel yang sangat maksimal dalam upaya peningkatan hilirisasi sektor kelapa sawit.  Upaya ini bisa dicontoh oleh daerah lain di Indonesia  memulihkan perekonomian daerah dari sektor perkebunan rakyat.

“Inovasi ini juga dapat menjadi contoh bagi daerah lain. Secara nasional, kita juga mendorong daya beli masyarakat kembali meningkat agar perekonomian segera pulih,” tutupnya (RPS)

LAINNYA