Gambar_Langit Gambar_Langit

Kerjasama SEAMEO CECEP, Disdik OKU Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru PAUD di OKU

waktu baca 2 menit
Rabu, 11 Nov 2020 21:54 0 101 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Guru TK dan PAUD di bumi sebimbing sekundang mendapat metode pengajaran berstandar internasional dalam pelatihan peningkatan Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD se Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dengan metode dialogic reading di Gedung SKB Baturaja, Rabu (11/11).

Pelatihan ini digelar oleh Dinas Pendidikan OKU bekerjasama dengan Southeast Asian Minister of Education Organization  Regional Centre for Easily Childhoodcare Education dan Parenting (SEAMEO CECCEP) yang dihadiri oleh Pjs Bupati OKU M Zaki Aslam SIP MSi, Deputi Direktur for Program SEAMEO CECCEP, Ith Vuthy MSc MA (dari Kamboja), Serta para tutor SEAMEO CECCEP.

“SEAMEO CECCEP ini adalah lembaga yang menangani PAUD yang dibentuk oleh menteri pendidikan se Asia tenggara, tujuannya untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD,” kata Kepala Dinas Pendidikan OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM dibincangi portal ini disela-sela kegiatan.

Dikatan Teddy, kegiatan ini diikuti sekitar 100 orang guru PAUD dan TK se OKU, “Sebenarnya kita ingin undang seluruh guru PAUD dan TK namun saat ini masa pendemi covid 19, jadi kita batasi. Dan kegiatan ini kita menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Teddy juga berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. “Ini menjadi metode pembelajaran baru bagi guru di sekolah PAUD dan TK, dengan kegiatan ini diharapkan kualitas guru di OKU bisa lebih meningkat,” harapnya.

Sementara itu Deputi Direktur for Program SEAMEO CECCEP, Ith Vuthy MSc MA mengatakan pelatihan ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di wilayah Sumatera. “Training guru PAUD dan TK di OKU pertama di Sumatera,” kata Ith Vuthy MSc MA,

Dikatakannya, untuk di Asia Tenggara ada 26 lokasi regional centre SEAMED CECCEP. Sebagian berada di Indonesia.

Menurutnya, pemberian pendidikan kepada anak sangat penting, Indonesia bisa bergerak cepat dan maju jika SDM bagus. SDM bidang pendidikan sebutnya, menjadi salah satu indikator. Dari hasil penelitian, anak yang sudah ikut program ini banyak yang memiliki prestasi.

Tujuan organisasi ini lanjutnya untuk meningkatkan kolaborasi pendidikan, sain, dan budaya. Disebutnya, dipilihnya training di OKU karena Bupati OKU yang sudah proaktif untuk melakukan kerjasama. Dengan datang langsung ke kantor SEAMED CECCEP.

Dalam training ini para guru PAUD dan TK diajarkan bagaimana bisa ada komunikasi aktif antara guru dan murid. Bagaimana manfaat guru yang membaca. Tapi tetap harus ada dialog. Jadi tidak hanya guru yang menyampaikan. “Bagaimana kita bisa membangun komunikasi secara baik dengan anak,” tukasnya. (AND)

LAINNYA