Gambar_Langit Gambar_Langit

Jaga Jarak Saat Berdagang, Wawako : Pedagang Bisa Berjualan Dengan Menjaga Jarak

waktu baca 2 menit
Minggu, 3 Mei 2020 19:51 0 109 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Pemerintah Kota Palembang, terus berusaha mencegah penyebaran virus corona, seperti dengan terus melakukan himbauan, agar masyarakat tetap berada di rumah (stay at home), dan menggunakan masker, jika terpaksa keluar rumah.

Seperti yang dilakukan Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, Minggu (3/5) melihat situasi pasar Lemabang Kecamatan Ilir Timur II. Yang mana, pasar tradisional indentik dengan kerumunan, karena terjadi transaksi jual beli yang hampir tidak ada jarak satu dengan yang lain. “Insya Allah, mulai besok pedagang yang berjualan, sudah mulai menjaga jarak. Ini kita lakukan, untuk mencegah agar virus corona tidak meluas,”terang Ibu dua anak ini.

Politisi PDIP ini juga khawatir, dengan kondisi pedagang, maupun pembeli yang hampit tidak adanya jarak, dalam bertransaksi. “Jika kondisi tetap seperti ini, saya khawatir penyebaran virus corona semangkin cepat, saya minta dinas terkait melakukan penataan, disetiap pasar tradisional,”terangnya.

Selain itu pihaknya juga menginstruksikan pasar lainnya, seperti Pasar KM 5 juga sudah disusun agar tidak berdekatan. “Alhamdulillah pasar KM 5 juga sudah menerapkan jaga jarak. Kita harapkan dengan begitu bisa meminimalisir adanya kerumunan,” katanya.

Namun, dia tetap mengimbau serta mensosialisasikan agar belanja online.Selain lebih menjaga keamanan juga tidak berkerumun. “Apalagi sekarang jumlah covid di Palembang semakin banyak, dengan diaturnya ini kita terus sosialisasikan belanja online dan Pasar Lemabang sudah bisa belanja online sesuai aplikasi dari PD Pasar Palembang Jaya,” jelasnya.

Dia mengimbau, masyarakat yang masih belanja ke pasar, tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan dan jaga kesehatan. “Kalau masih mengharuskan kita ke pasar, maka sata pulang dari pasar bersih-bersih sampai ke rumah, tetap jaga kesehatan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani menambahkan, sebanyak 400 pedagang di Pasar Lemabang yang diterapkan sosial distancing atau menjaga jarak. “Besok Insya Allah pedagang bisa berjualan seperti biasa dengan menjaga jarak, agar pembeli tidak berkerumun,”terang Hardayani. (yfr)

LAINNYA