Gambar_Langit Gambar_Langit

Dewan Pengurus Nasional IPKN Lantik Pengurus Wilayah Sumsel

waktu baca 2 menit
Kamis, 8 Okt 2020 20:20 0 111 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Dewan Pengurus Nasional Institut Pemeriksa Keuangan Negara (DPN IPKN) menyelenggarakan pelantikan pengurus Institut Pemeriksaan Keuangan Negara (IPKN) RI Wilayah Sumsel tahun 2020-2023 di Auditorium BPK Perwakilan Palembang, Kamis (8/10).

Pengurus  yang dilantik Ketua Umum DPN IPKN, Prof Dr Bahrullaj Akbar MBA CIPM CSFA CPA secara virtual itu meliputi wilayah Jambi, Sumsel, Lampung Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung.

Acara ini dihadiri Ketua IPKN Wilayah Sumsel, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumsel, akademisi, inspektorat Provinsi Sumsel dan Ketua IAI Wilayah Sumsel.

Kepala Perwakilan BPK Sumsel Harry Purwaka CSFA mengatakan, dengan dilantiknya IPKN Wilayah Sumsel diharapkan dapat mengembangkan profesi pemeriksaan keuangan negara dan membangun sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah-wilayah provinsi Sumsel untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara/daerah.

Dia juga menambahkan, IPKN sendiri merupakan organisasi profesi bagi para pemeriksa keuangan negara yang telah diresmikan di Jakarta 20 Februari 2020.

Menurut Harry, organisasi ini diinisiasi oleh BPK RI selaku instansi pembina jabatan fungsional pemerika keuangan negara, dengan tujuan untuk mengembangkan dan mendayagunaan potensi pemeriksa bagi kepentingan bangsa dan negara.

“Seperti yang disampaikan Ketua umum BPK kita membentuk semacam wadah profesi tentang pemeriksaan keuangan negara nanti dan kita bicarakan tentang standar pemeriksaan dan lain lain seperti itu,” ujarnya.

Ia berharap untuk pemeriksa urusan keuangan negara mempunyai pemahaman yang sama terkait dengan pemeriksaan di lingkungan keuangan negara baik itu standar atau metode perda dan lain lain. (Ocha)

LAINNYA