Gambar_Langit Gambar_Langit

Atasi Kemacetan, Pemkot Palembang Akan Bangun Jalan Lingkar

waktu baca 2 menit
Rabu, 7 Okt 2020 04:58 0 139 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Pemerintah Kota Palembang akan membangun jalan lingkar untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Kota Palembang. Demikian dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palembang, H Edison S Sos MSi, Selasa (06/10) saat menjadi narasumber di Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Sumsel Angkatan ke-31, di Hotel Beston Palembang. 

Edison mengatakan berdasarkan inforomasi dari Balai Besar Jalan yang diterima pihaknya, pembangunan Jalan Lingkar ini akan dimulai pada tahun 2021 mendatang.

“Pembangunan jalan lingkar ini, sekarang ini sudah ada sideplannya, saat ini masih menunggu SK penentuan titik lokasi, kalau gambar sudah ada, kalau bentuk jalannya sudah, volumenya sudah tahu (lebih kurang 24 kilometer) dan sudah paparan, ini menggunakan APBN murni (merupakan jalan nasional), nanti Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Kota Palembang akan back up pembebasan lahan,” ujar Edison.

Terkait pembebasan lahan, Edison mengatakan pihaknya saat ini tengah menginventarisir pemilik lahan untuk pembangunan jalan lingkar sepanjang hampir 24 kilometer ini.

“Untuk pembebasan lahan itu, kita inventarisir pemilik-pemilik lahannya,  kemudian untuk harga nanti KJPP yang akan menentukan,” tambahnya.

Selain alasan kemacetan, pembangunan jalan ini juga didasari dari masukan masyarakat kota Palembang dan pihak keamanan. Ia menegaskan, pembangunan Jalan Lingkar  ini tidak akan mengganggu jalan lama.

“Ini kan buat jalan baru, artinya tidak akan menggangu jalan lama, nanti connectingnya sampai ke Jalan Kebun Sayur. Kita ketahui keluhan masyarakat luar biasa, kemacetan banyak terjadi, kecelakaan bahkan menimbulkan korban, masyarakat banyak yang demo”, kata Kadis Kominfo Kota Palembang.

Saat ini, Pemerintah Kota Palembang masih menerapkan regulasi Peraturan Walikota (Perwali) tentang aturan jam operasi truk bertonase besar.

“Untuk sementara, selagi jalannya belum kelihatan, untuk mobilitas truk bertonase besar itu kita batasi operasionalnya, dari jam 16.00 – 21.00 WIB, sesuai dengan Perwali Kota Palembang,” pungkasnya

Untuk mengatasi kemacetan di Kota Palembang, Kepala Dinas Kominfo Kota Palembang ini juga menambahkan tidak hanya pembangunan Jalan Lingkar, tetapi pihaknya juga akan membangun fly over kawasan Simpang Sekip dan underpass di Charitas. (jea)

LAINNYA