Gambar_Langit Gambar_Langit

PWI Sumsel Gelar UKW Angkatan Ke-31

waktu baca 3 menit
Selasa, 6 Okt 2020 19:15 0 88 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-31, di Hotel Beston Palembang, Selasa (06/10). UKW yang  didukung penuh oleh SKK Migas Sumbagsel dan KKKS Sumsel ini diikuti oleh 18 jurnalis dari berbagai kabupaten/kota di Sumsel.

Kegiatan UKW yang berlangsung 2 hari (6-7 Oktober 2020) ini dibuka oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, yang diwakili  Asisten III Setda Provinsi Sumatera Selatan, Prof Dr Edward Juliartha.

Hadir langsung Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar, Perwakilan dari PWI Pusat H Octaf Riyadi SH, para penguji, pengurus PWI Sumsel, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo, Kepala Bagian Humas SKK Migas Sumbagsel Andi Ari Pangeran dan jajaran perwakilan sponsorship.

Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar mengatakan UKW ini ddigelar dengan latar belakang dari Piagam Palembang 2010 saat Hari Pers Nasional (HPN) di Palembang, dimana salah satu kesepakatan dari Dewan Pers dan organisasi kewartawanan itu adalah UKW.

Ia menambahkan, walaupun di tengah kondisi pandemi Covid-19, tahun ini PWI Sumsel yang didukung penuh SKK Migas Sumbagsel dan KKKS Sumsel mengadakan kembali Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (protokes) pencegahan Covid-19.

“Pelaksanaan UKW kali ini memang sedikit berbeda karena di tengah kondisi Covid-19, kami informasikan memang para peserta yang sudah lolos seleksi administrasi minimal seminggu sebelum pelaksanaan UKW ini, mereka harus melakukan rapid test dulu, jika hasilnya nonreaktif baru mereka bisa mengikuti UKW,” tutur Firko, sapaan akrabnya.

Ketua PWI Sumsel ini juga mengatakan, dengan protokes kesehatan yang ketat,panitia juga menyediakan mobil khusus untuk penjemputan peserta ke lokasi UKW dan mengantar kembali mereka (red: peserta) ke rumah masing-masing. Selain itu panitia juga membagikan face shield, masker dan hand sanitizer.

“Acara ini terselenggara atas kerjasama PWI Sumsel, SKK Migas, KKKS, Pertamina EP, ConocoPhilips, MedcoEnergi E&P Indonesia, Pertamina PHE Jambi Merang, Tiara Bumi, SMRD Serelaya Merangin Dua, Talisman, Tropik Energi dan Talisman Energy,” jelasnya.

Senada dengan itu dikatakan perwakilan dari PWI Pusat H Octaf Riyadi bahwa pihaknya sangat mengapresiasi langkah PWI Sumsel yang telah kembali menggelar UKW.

Dan apresiasi juga disampaikan oleh para sponsorship karena UKW ini digelar secara gratis bagi 18 wartawan di Angkatan 31.

“Dan melalui kesempatan ini, diharapkan Pemprov Sumsel juga mendukung dengan menggelar UKW untuk rekan-rekan wartawan di Sumsel,” jelasnya.

Sementara itu dikatakan Gubernur Sumsel H Herman Deru melalui Asisten III Prof Edward Juliarta mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangat mengapresiasi langkah PWI Sumsel dengan menggelar sertifikasi bagi wartawan.

“Sehingga melalui UKW ini, Teman-teman wartawan sudah memahami etika dan hukum dalam dunia pers, memiliki sifat berimbang dan juga independen,” pungkasnya. (jea/ril)

LAINNYA