Gambar_Langit Gambar_Langit

TNI Ahli Pembesian Jadi Tutor di Lokasi TMMD

waktu baca 2 menit
Senin, 5 Okt 2020 22:23 0 94 Admin Pelita

Kendal, Pelita Sumsel – Karena mempunyai keahlian dalam pembesian di pembangunan rumah,  Serda Nanang salah satu TNI anggota Satgas TMMD, menjadi tutor di gelaran TMMD Reguler ke-109 Kodim 0715/Kendal di Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Kepada warga desa sasaran,  Moh Rondhi (56) Serda Nanang secara detail berbagi ilmunya di bidang pembesian pembangunan rumah.

Dijelaskan, langkah menyiapkan kebutuhan besi untuk pekerjaan sloof, kolom tiang dan cor dak, bisa dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan yang utama secara berurutan.  ”Apabila bisa menyediakan lengkap diawal itu tentunya lebih baik,” terangnya.

Proses menyiapkan kebutuhan besi untuk pekerjaan sloof, kolom tiang dan cor dak, itu  merupakan kebutuhan besi untuk seluruh kerangka besi yang akan dipasang pada pekerjaan sloof, kolom tiang dan cor.

Semua itu bisa dihitung tentang kebutuhan besi untuk setiap pekerjaan disesuaikan dengan jenis pekerjaannya berdasarkan gambar denah pondasi yang telah dibuat. Sebagai contoh cara lain, menyiapkan kebutuhan besi untuk pekerjaan sloof, kolom tiang dan cor dak.

Untuk pekerjaan kolom tiang,  lanjut Serda Nanang,  yang perlu diketahui adalah ukuran kolom tiang, tinggi tiang, diameter besi pokok (biasanya 6 batang minimal besi diameter 10 mm), besi cincin dan jarak pemasangan besi cincin .

”Untuk pekerjaan cor dak, yang perlu diketahui adalah luas lantai bangunan yang akan di cor, konstruksi pembersihan yang akan dibuat dan ukuran diameter besi yang akan digunakan (biasanya minimal diameter 8 mm),” ungkap Serda Nanang. (AW)

LAINNYA