Gambar_Langit Gambar_Langit

Terbengkalai dan Semrawut, PSDA Sumsel Akan Revitalisasi Danau OPI Jakabaring Tahun Depan

waktu baca 2 menit
Selasa, 29 Sep 2020 14:01 0 196 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Objek Wisata Danau OPI di Jalan Gubernur HA Bastari Jakabaring Palembang, kondisinya saat ini sangat memprihatinkan. Destinasi wisata yang sempat menjadi primadona wong Palembang tersebut kini terbengkalai dan semrawut.

Dari pantauan di lapangan, Selasa (29/9/2020) Danau OPI Jakabaring Palembang semakin sepi dikunjungi oleh masyarakat. Disekeliling danau juga terlihat banyak ditumbuhi rumput liar dan semak belukar.

Pondok-pondok penjual makanan di sekitaran Danau OPI pun juga tampak sepi pembeli. Tak sedikit dari pondok yang mengelilingi pinggiran danau kondisinya juga sudah jelek dan roboh.

Wahana permainan air seperti bebek-bebekan dan sepeda air juga terlihat dibiarkan mengambang diatas air tanpa ada orang yang memainkannya. Pada malam hari destinasi wisata ini juga terkesan makin seram lantaran kurangnya fasilitas penerangan.

Melihat kondisi memprihatinkan tersebut, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumsel berencana bakal melakukan revitalisasi terhadap objek wisata Danau OPI Jakabaring. Direncanakan, objek wisata murah meriah itu akan mulai dipugar fisiknya pada tahun 2021.

“Yang pertama tentu akan kita lakukan pendalaman kembali dan melakukan penataan lingkungan di Danau OPI,” kata Kepala Dinas PSDA Sumsel, Ir Herwan.

Ia menjelaskan, Danau OPI Jakabaring menjadi salah satu proyeksi pihaknya di tahun depan untuk dilakukan revitalisasi. Danau yang berfungsi sebagai penampung air ini juga akan difungsikan kembali sebagai destinasi wisata bagi masyarakat.

“Danau OPI ini multifungsi, selain daerah resapan juga jadi objek wisata. Maka revitalisasi nantinya akan identik dengan pariwisata,” jelasnya.

Menurutnya, dalam penangan suatu kawasan ruang terbuka publik tidak bisa dilakukan oleh Dinas PSDA Sumsel sendirian. Maka dari itu, Irwan mengaku pihaknya bakal mengajak OPD terkait turut serta berperan di bidangnya masing-masing untuk memperindah danau OPI Jakabaring.

“Untuk revitalisasi nanti akan kita sesuaikan dengan kondisi sekarang. Mengenai rincian anggaran masih disusun, akan kita lihat dulu berapa biaya yang dibutuhkan,” tutupnya (Ron)

LAINNYA