Gambar_Langit Gambar_Langit

Tengah Berburu Sabirin Salah Tembak Sasaran 

waktu baca 2 menit
Jumat, 28 Agu 2020 13:56 0 106 Admin Pelita

Muara Enim, Pelita Sumsel — Sebut saja Sabirin(42) warga Desa Tanjung Agung Kecamatan Tanjubg Agung Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan.

Ia terpaksa berurusan dengan hukuk lantaran diduga lalai serta melanggar Pasal 359 KUHP Tentang  Barang siapa karena kesalahannya/kealpaan nya hingga menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun.

Nah, itulah yang di alami Sabirin (42)dalam  kronologi kejadian pada 26 Agustus 2020 saat ia dan rekan-rekan tengah berburu disalah satu semak belukar daerah Talang Tarikan Dewsa Tanjubg Agung dan ketika ia membidikkan senjatanya ke hewan seekor kancil disemak belujar tersebut  justru yang tertembak rekan berburu Sabirin yaitu Riswanto hingga tewas yang tepat mengenai kepala korban dengan senjata berburunya.

Tidak hanya Sabirin (42) yabg dijadikan tersangka dalam kasus tersebut,namun rekan Sabirin, yaitu Ahmad Tohari dan Ardiansyah juga dijadikan tersangka dama peristiwa itu lantaran mereka berkelompok regu dalam aksi mencari pemburuan hewan berburu yang ternyata pemburuan salah sasaran dan justru nyawa manusia yang melayang.

“Ya, pak saya menembak sasaran mata kancil dengan jarak 20 meter dan saya tembakan kearah semak belukar itu yang ternyata ada teriakan kesakitan dan langsung saya lihat ternyata Riswanto tertembaj senjata saya, ” ungkap Sabirin di pres rilis Polres Muara Enim itu.

“Saya langsung teriak minta tolong dan rekan saya Ardinsyah dan Ahmad Tohari datang dan selanjutnya saya memeluk jasad Riswanto hingga saya sadarkan diri dirumah pak, ” ujar Sabirin.

Sementara menurut keterangan rekan korban tim evakuasi datang yang kemudian membawa korban kerumah duka dan melaporkan kejadian itu di Polsek Tanjung Agung Polres Muara Enim guna menyerahkan diri saudara Sabirin (42) .

Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Syaputra S.H., S.I.K., M.M melalui Kapolsek Tanjung Agung AKP Faisal Pangihutan Manalu, S.H., S.Ik, menjelaskan Korban meninggal dunia diduga akibat luka tembak di bagian leher sebelah kiri dan Senjata yang digunakan pelaku adalah senjata rakitan laras panjang milik Alm. Ayahnya.

Pelaku sebelumnya memang sering pergi berburu menggunakan senapan angin, “ungkapnya.

Dikatakan dari pihak keluarga Korban tidak ingin korban dilakukan Visum dan Autopsi dan pelaku bernama Sabirin sudah menyerahkan diri di Polsek Tanjung Agung.

“Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya yang telah dilakukan,”pungkasnya. (NVJ)

LAINNYA