Gambar_Langit Gambar_Langit

Jelang New Normal, Masjid Akan Difungsikan Kembali

waktu baca 2 menit
Kamis, 28 Mei 2020 19:16 0 101 Admin Pelita

Jakarta, Pelita Sumsel – Menteri Agama Fachrul Razi besok Jumat tanggal 29 Mei 2020 akan mengambil keputusan mengfungsikan kembali masjid dan rumah ibadah menjelang New Normal atau damai dengan Covid-19.

“Draf resminya akan diumumkan besok Jumat, sekarang masih dalam tahap finalisasi”.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan saat menerima kedatangan Satgas Covid-19 DPR yang dipimpin Sufmi Dasco Ahmad di Jakarta kamis (28/5/2020).

Dikatakan, Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin sebenarnya sudah sangat rindu untuk kembali ke masjid. Semua  juga ingin kembali beribadah ke masjid,

“Berbeda dengan aturan yang lalu, didalam mengfungsikan kembali Masjid dan rumah ibadah akan dilakukan secara bertingkat, untuk masjid pemerintah oleh Gubenur, Masjid kabupaten oleh Bupati dan masjid masyarakat oleh Camat dengan melibatkan Kanwil Departemen Agama setempat”, paparnya.

Yang untuk selanjutnya akan dievaluasi epidemiologinya sebulan sekali, untuk lanjut atau tidaknya sesuai protokol Covid-19, tambahnya.

Berbedanya nanti, katanya lagi, tak lagi menggunakan zonasi tapi tergantung lokasi mesjid dan kesehatan masarakat. Karena kita tak mau mengulangi yang telah lalu yang banyak dipertanyakan oleh ummat karena semua di generalisir saat berlaku zonasi, ujar Fachrul.

Sementara itu dalam penerapan New Normal pada tingkat pendidikan pesantren bagi yang sudah siap silahkan berjalan terus sesuai protokol kesehatan yang berlaku setelah mendapat persetujuan dari Kanwil Kementerian Agama, jelasnya

“Ini sesuai dengan pesan Presiden Jokowi agar jangan ada yang menzhalimi murid di pesantren pada saat pandemi Covid-19. Dan pastinya pesantren dipastikan akan dinormalkan kembali lewat cara berjenjang sesuai pemulihan kesehatan di masing masing wilayah” tegas menteri bintang 4 ini. (oce)

LAINNYA