Gambar_Langit Gambar_Langit

Petani Mura Terus Bergerak Demi Penuhi Kebutuhan Selama Corona

waktu baca 2 menit
Selasa, 5 Mei 2020 14:44 0 101 Admin Pelita

Mura, Pelita Sumsel – Memasuki minggu kedua ramadhan, petani petani padi dari Kabupaten Musi Rawas )(Muraa) aktif melakukan panen padi setiap hari walaupun ditengah wabah corona. Himbauan pemerintah agar kita melakukan pembatasan gerak dan tetap berdiam dirumah tidak berlaku untuk para petani yang ada di Provinsi Sumatera Selatan termasuk di Musi Rawas.

Sebagai pejuang pangan yang berada di garis terdepan untuk memastikan tersedianya beras di lapangan, para petani bergerak aktif melakukan panen setiap hari dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah, menjaga jarak aman, menggunakan masker sebagai pelindung dan selalu menjaga kebersihan.

Laporan dari lapangan yang disampaikan oleh Petugas Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) kepada Tuti Murti selaku Kepala UPTD Balai Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan yang sempat ikut hadir pada acara panen disalah satu kelompok tani Panca Usaha Desa Bukit Langkap Kecamatan Karang Jaya seluas 25,5 Ha dengan menggunakan varietas Inpari 43.

Supriyadi sebagai ketua kelompok tani menyampaikan bahwa produktivitas rata rata padi sawah yang mereka tanam mencapai 7, 26 Ton/Ha.

Begitu juga laporan dari kelompok tani Bina Karya dan kelompok tani Budi daya, dengan luas hamparan sawah masing masing sebesar 25 Ha dengan menggunakan varietas Cimandiri dan Inpari 42 produktivitas yang mereka peroleh rata rata hampir mencapai 10 ton/Ha GKP.

Pada kesempatan ini kegiatan panen juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Musi Rawas dan Kepala Bidang Tanaman Pangan Kabupaten Musi Rawas. Disampaikan oleh Zuhri Syawal selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Musi Rawas bahwa potensi yang ada di Kabupaten seluas 56 rb Ha dan sampai saat ini sudah panen seluas 15rb Ha. Dengan besarnya potensi tanam yang ada di Kabupaten Musi Rawas dan tingginya produktivitas, Kabupaten Musi Rawas siap menjadi salah satu daerah penyumbang beras dari Provinsi Sumatera Selatan untuk menyediakan pangan ditengah wabah corona.(yfr)

LAINNYA