Gambar_Langit Gambar_Langit

Baru 17 Desa di OKU Selatan Terima Dana APBN untuk Penanggulangan Covid-19

waktu baca 2 menit
Rabu, 15 Apr 2020 13:29 0 132 Admin Pelita

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Sebanyak 17 Desa dari 252 Desa Yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu(OKU) Selatan,Saat ini telah menerima pencairan Dana Desa bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2020.

Ke 17 Desa yang saat ini telah menerima sekaligus mencairkan dana desa APBN tersebut, desa yang berada di Kecamatan Buay Rawan sebanyak 11 Desa serta 6 Desa di Kecamatan Pulau Beringin.

Hal ini Disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) Juproni,S.Pdi, M.Si Melalui Kepala Bidang Penataan Desa Dan Perencanaan Pembangunan Desa Subhan Arzal,SE dibincangi Pelita Sumsel, Rabu (15/4).

“Adapun mengenai Desa yang diusulkan serta untuk diproses pencairannya sebetulnya berjumlah sebanyak 31 Desa, namun yang sudah diverifikasi oleh Bapedda OKU Selatan baru 17 Desa,”Jelas Subhan.

“Dana Desa Tersebut ditransfer langsung ke Rekening Kas Desa bersangkutan oleh Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPBN) Baturaja,”terangnya.

Ditambahkan Subhan, sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2703/SJ, perihal Penanggulangan Dampak Covid 19 di Desa serta berdasarkan surat Menteri Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan transmigrasi(PDTT) Republik Indonesia Nomor 1261/PRI. 00/4 Romawi/2020, dan berdasarkan Peraturan Menteri Desa PDTT RI Nomor 6 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan menteri Desa PDTT Nomor 11 tahun 2019
Pencairan serta kegunaan dana bisa dimanfaatkan untuk penanggulangan Virus Corona atau Covid 19 Di desa khususnya tentang pemberian Bantuan langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat atau warga tidak mampu yang ada di Desa setempat melalui dana desa.

“Tentunya untuk soal bantuan dana BLT yang akan diberikan ke warga tersebut oleh pemerintah Desa ada serta telah di atur kriterianya kepada warga atau masyarakat yang memang berhak mendapatkan BLT,” tegas kabid Subhan.

“Sementara bagi Desa di OKU Selatan lainnya yang belum bisa melakukan pencairan hingga saat ini, akan segera di usul kan oleh pihaknya agar bisa juga menerima serta mencairkan dana desa APBN,”Pungkasnya. (DK)

LAINNYA