Gambar_Langit Gambar_Langit

Sumsel Tuan Rumah Pertemuan Nasional  Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia

waktu baca 2 menit
Selasa, 4 Feb 2020 17:49 0 109 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel –  Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah pelaksanaan  ajang pertemuan, seminar dan pameran, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GaPKI) pada 13-14 Februari 2020 mendatang. 

Setelah sukses melaksanakan Andalas Forum I di Batam, Kepulauan Riau, Andalas Forum II dengan lingkup kegiatan beupa seminar dan pameran ini akan digelar di Hotel Harper Palembang. Kegiatan ini akan mengangkat tema “Sustainability: Implementation & Promotion” dengan beberapa topik seminar yang mencakup materi “People, Planet & Profits” yang akan membahas mengenai industri sawit seperti pembiayaan, sumber daya alam, kelembagaan dan isu-isu lingkungan. Selain itu, Andalas Forum II ini juga akan membahas tentang kebakaran lahan dan hutan, gambut, deforestasi, pemberdayaan petani dan ketenagakerjaan.

Ketua Dewan Pengarah Gapki Cabang Sumsel Hary Hartanto didampingi Ketua Gapki Cabang Sumsel Alex Sugiarto dan beberapa pengurus lainnya, kepada wartawan di Palembang, Selasa (4/02) menyampaikan, Andalas Forum II di Kota Palembang akan digelar 13-14 Februari di Hotel Harper Palembang diyakini akan berjalan semarak. 

Hal itu menurutnya, terlihat dari antusias peserta dan sponsor yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hingga menjelang akhir pertengahan Januari, seluruh stan atau boath pameran telah habis dipesan. 

“Bahkan ada yang waiting list, kami memohon maaf karena memang forum ini akan dihadiri stakeholder sawit, jadi memang boath kita habis sudah,” ujar Ketua Gapki Cabang Sumsel Alex Sugiarto.

Menurutnya, Forum Andalas II Palembang rencananya akan dihadiri dan dibuka Gubernur Sumsel H Herman Deru sekaligus menjadi pembicara dalam pertemuan tingkat nasional ini. 

Selain Gubernur Sumsel Herman Deru, juga akan hadir Direktur Jenderal Perkebunan akan menyampaikan Implementasi Inpres No. 6 Tahun 2019 tentang pembangunan kelapa sawit berkelanjutan, Direktur Utama BPDP-KS menyampaikan Progress Implementasi progam peremajaan kelapa sawit rakyat (PSR) dan program biofuel, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin akan juga menjadi pembicara pada sesi lain mengenai keberhasilan replanting atau peremajaan sawit.

Seperti diketahui, program replanting di Musi Banyuasin yang dulu diresmikan Presiden Joko Widodo dinilai telah berjalan dengan baik dan segera panen. Program replanting dengan bantuan dari pemerintah pusat ini merupakan bagian dari program keberlanjutan sawit. (jea)

LAINNYA