Gambar_Langit Gambar_Langit

Herman Deru Ajak Kapolda, Sinerji Antisipasi Karhutla

waktu baca 2 menit
Kamis, 28 Nov 2019 19:49 0 83 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel – Setelah dilantik sebagai Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel), untuk  pertamakalinya Kapolda  Irjen Pol Priyo Widyanto melakukan audensi dengan Gubernur Sumsel H. Herman Deru bertempat diruang tamu gubernur, Kamis (28/11).

Kedatangan Kapolda ini mendapatkan sambutan hangat dari Gubernur H.Herman Deru, bahkan dalam pertemuan tersebut gubernur memaparkan secara rinci kondisi wilayah Sumsel 91.592 km² yang terbagi atas 17 Kabupaten/kota  yang didiami  banyak suku, adat istiadat  dan agama.Meskipun demikian Provinsi Sumsel tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

“Alhamdulillah di Sumsel ini tidak pernah terjadi konflik. Walaupun orang Sumsel dikenal dengan tempramennya yang keras, tetapi  sejauh ini tetap  aman dan kondusif terbebas dari  berbagai macam konflik baik antar suku maupun antar agama,” papar Herman Deru.

Herman Deru juga menjalaskan, jika selama ini sejumlah ruas jalan di Sumsel kerap terjadi kemacetan dampak dari lalulintas angkutan batubara. Namun   hal tersebut saat ini sudah teratasi dengan dijalankannya Perda Nomor 5  Tahun 2011 dan Pergub Nomor 74 Tahun 2018 tentang Larangan Pengangkutan Batubara Melalui Jalan Umum.

” Mobil angkutan batubara dijalan umum sudah saya tutup pak Kapolda. Kenapa? Karena itu membuat resah  masyarakat dampaknya banyak mengakibatkan kemecetan yang begitu parah dimulai dari Kabupaten Lahat dan Kabupaten Muara Enim, Indralaya dan Kota Palembang,” imbuh Herman Deru.

Lebih lanjut Herman Deru juga menegaskan,  Sumsel juga memiliki potensi alam yang luar biasa dengan lahan pertanian dan perkebunan yang luas. Kondisi ini lanjut  gubernur menjadikan wilayah Sumsel rawan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla). Untuk itu dia meminta  Kapolda untuk  aktif melibatkan aparatnya didaerah hingga pelosok desa untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat agar menghindari aktifitas pembakaran lahan saat membuka lahan pertanian .

Sementara itu Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto  pada momen ini mengucapkan terima kasih pada gubernur yang telah banyak memberikan bantuan dan perhatian pada  jajaran Polda Sumsel.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pak Gubernur, atas perhatiannya kepada pihak kepolisia. Baik  bantuan sarana dan prasaran   penujang  aparat Kepolisian dalam menjalankan tugas,” pungkasnya.

LAINNYA