Gambar_Langit Gambar_Langit

BI Kpw Sumsel Resmikan BI Corner di UTP

waktu baca 3 menit
Senin, 25 Nov 2019 18:25 0 111 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Selatan pada Senin (25/11) meresmikan BI Corner di Universitas Tridinanti Palembang.

Peresmian BI Corner ini dilakukan usai memberikan Sosialisi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) di  Tridinanti Palembang, Senin (25/11) siang.

Menurut Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Selatan, Yunita Resmi Sari, dipilihnya Universitas Tridinanti Palembang (UTP) menjadi salah satu tempat tersedianya BI Corner, karena UTP merupakan mitra Bank Indonesia yang telah melakukan beberapa kali kerjasama, serta ada beberapa alumni dari Universitas Tridinanti Palembang di BI Kpw Sumsel.

BI Corner ini merupakan bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan, sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya mahasiswa/i UTP tentang ekonomi, keuangan serta peran dan tugas bank sentral.

Yunita mengatakan Peresmian BI Corner ini merupakan bagian dari program Indonesia Cerdas. BI Corner ini bukan hanya perpustakaan, tetapi ini adalah upaya Bank Indonesia untuk mencerdaskan para generasi muda sehingga menjadi bonus demografi yang bermakna. 

“Peresmian BI Corner ini merupakan bagian dari program Indonesia Cerdas. BI Corner ini bukan hanya perpustakaan, tetapi ini adalah upaya Bank Indonesia untuk mencerdaskan para generasi muda sehingga menjadi bonus demografi yang bermakna”, ujar Yunita.

Sepanjang tahun 2019, Bank Indonesia KPw Sumsel telah mendirikan 5 BI Corner, salah satunya di Universitas Tridinanti Palembang. Sementara total hingga November 2019 sudah ada 15 BI Corner. Bank Indonesia secara nasional menargetkan akan mendirikan sekitar 1.000 BI Corner di wilayah Indonesia.

“Tahun ini ada 5 (lima) BI Corner, salah satunya di Universitas Tridinanti Palembang, sementara total sudah ada 15. Universitas Tridinanti Palembang kita rangkul karena sudah sering kerjasama, dan ada sekitar 5.200 mahasiswa aktif, dan beberapa diantaranya sudah ada di Bank Indonesia”, tambahnya.

Dirinya berharap kebijakan (policy-policy) Bank Indonesia dapat semakin terdiseminasi secara cepat dan semakin luas. 

“Kita tidak mau kebijakan kita hanya diketahui oleh kelompok masyarakat di Jakarta, tapi semua harus tahu. Kami berharap mahasiswa bisa menjadi pelopor karena mereka belajar, mengetahui, dan menyebarkannya ke lingkungan masing-masigng. Kedua, tentu saja tidak hanya publikasi tentang ekonomi dan keunganan dan informasi seputar Bank Indonesia tapi juga pengetahuan umum”, tutur Kepala Kpw BI Sumsel ini.

BI Corner UTP ini tidak hanya menyediakan rilisan fisik (buku, majalah dan publikasi lainnya) tetapi menyediakan rilisan dalam bentuk digital, serta 1 unit komputer  dan tv bagi mahasiswa/i  yang ingin mengakses terkait kebijakan ekonomi dan fiskal, karena saat ini merupakan era ekonomi digital.

Sementara itu, Rektor Universitas Tridinanti Palembang, Dr Ir Hj Nyimas Manisah MP mengatakan pihaknya menyambut baik BI Corner yang diresmikan di Universitas Tridinati Palembang.

“Kami menyambut baik BI Corner di Universitas Tridinati Palembang. Ini merupakan  edukasi bagi civitas akademis yang ada di Universitas Tridinanti Palembang, khususnya terkait peran dan fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral,” ujarnya. 

Dirinya juga menambahkan, keberadaan BI Corner ini sangat bermanfaat dan sangat menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. (jea)

LAINNYA