Home / DAERAH / Kwarcab Gerakan Pramuka Muba Gelar Perkemahan Wirakarya

Kwarcab Gerakan Pramuka Muba Gelar Perkemahan Wirakarya

 

Palembang, Pelita Sumsel – Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Muba diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Muba H Ibnu Sa’ad SSos MSi membuka Perkemahan Wirakarya Pramuka (PWC) tahun 2019 se-Kabupaten Muba, di Bumi Perkemahan Kupek Randik Kuyung Ranggonang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muba, Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu, Rabu (20/11/2019).

Dalam sambutannya Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Muba memberikan apresiasi atas terselenggaranya PWC tahun 2019 dengan tema “Bekerja untuk kaum muda, mewariskan yang terbaik bagi bangsa”. Dikatakannya perkemahan wirakarya cabang ini dilaksanakan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsi Pramuka dalam hal bentuk inovasi Kwarcab Gerakan Pramuka Muba untuk mewujudkan kegiatan yang bersifat pengabdian dan bakti kepada masyarakat yang dikemas dalam bentuk perkemahan.

Gerakan pramuka juga diharapkan menjadi garda terdepan dalam pembentukan karakter generasi muda. Dalam melaksanakan prinsip dasar kepramukaan, metode kepramukaan, dan motto gerakan pramuka yakni ‘Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan’ serta membahas hal-hal penting yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan kualitas Pramuka Indonesia terhapus di wilayah Kwarcab gerakan Pramuka Muba.

“Selama 5 hari kita akan melaksanakan kegiatan perkemahan wirakarya cabang ini kami mewakili pengurus gerakan Pramuka Muba berharap ini akan menjadikan gerakan Pramuka menjadi satu jawaban nyata terhadap persoalan bangsa,” ujar Ibnu.

Pada kesempatan tersebut ia juga mengajak seluruh anggota pramuka di wilayah Kwarcab Gerakan Pramuka Muba, terkhusus peserta kegiatan untuk berkarya, berbagi informasi, meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan guna menjadikan generasi muda sebagai harapan Bangsa dan Negara di masa yang akan datang.

“Untuk itu, mari kita mulai melakukan perubahan, menjadi pelopor, jangan menunggu orang lain. Lakukanlah kepeloporan itu mulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan bermasyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana PWC Muba 2019 Gading Arsadi, kegiatan dilaksanakan pada tanggal 19-23 November 2019, dengan peserta total 239 orang berasal dari Kecamatan Tungkal Jaya, Sanga Desa, Plakat Tinggi, Keluang, Lawang Wetan, Bhayangkara Keluang, Lais, Bayung Lencir, Sungai Lilin, Jirak Jaya, dan Sako SPN Sekayu. Serta panitia berjumlah 115 orang dari Kecamatan Sekayu, Batang Hari Leko, Lalan, Babat Supat, dan Kecamatan Babat Toman.

“Adapun maksud dan tujuan perkemahan ini adalah untuk melaporkan kegiatan dan pelaksanaan tahun 2019, penyampaian program kerja Kwarcab Gerakan Pramuka Muba tahun 2018, dan menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan cita-cita Tri Satya dasa darma untuk ikut membangun masyarakat,” paparnya.

Advertisement
Bagikan Ini Di :