Home / NEWS / POLITIK / Muchendi Resmi Ditunjuk Wakil Ketua DPRD Sumsel

Muchendi Resmi Ditunjuk Wakil Ketua DPRD Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel – Partai Demokrat merupakan partai politik yang berhak mendapatkan satu posisi pimpinan (wakil ketua) DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2019-2024, bersama Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Gerindra.

Teka teki siapa yang akan menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Sumsel dari Partai Demokrat terjawab sudah, H. Muchendi Ishak Mekki resmi ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPRD Sumsel oleh DPP Partai Demokrat.

“Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan satu per satu proses penentuan pimpinan DPRD di Sumsel,” kata Ketua Badan Pembinaan Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi (BPOKK) Partai Demokrat Sumsel, Firdaus Hasbulah, Kamis (29/8).

Dari 7 calon pimpinan di Sumsel, menurut Firdaus , baru satu yang sudah diputuskan melalui rapat majelis tinggi yaitu tingkat Provinsi.

“Untuk pimpinan DPRD Provinsi kedepan adalah H. Muchendi Ishak Mekki sebagai Wakil Ketua DPRD Sumsel dan MF. Ridho sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat.,” katanya.

Dan menyusul 6 kabupaten kota lainnya yaitu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Mauara Enim, Musi Rawas Utara (Muratara) , Palembang dan Lahat.

“Yang lain akan menyusul putusannya karena saat ini sudah masuk dalam proses finalisasi,” katanya.
Firdaus menambahkan proses seleksi calon pimpinan DPRD Provinsi Sumsel dari Partai Demokrat dimulai dari tahapan rekomendasi sampai pada tahapan penetapan yang dilakukan oleh DPP Partai Demokrat, dari DPD Partai Demokrat Sumsel yang telah mengajukan beberapa nama calon Waki Ketua DPRD Sumsel yaitu H.Muchendi, Azmi Sofix, Gani Subit, Chairul S Matdiah dan MF Ridho.

Sebelumnya Ketua Komisi Pemenangan Pemilu (KPP) Partai Demokrat Sumsel, Muchendi Mahzareki Ishak mengungkapkan bahwa untuk menetapkan pimpinan DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten Kota yang punya hak adalah DPP Partai Demokrat
“Untuk tingkat DPRD Kabupaten ada dua potensi akan jadi ketua DPRD yaitu Palembang dan OKU Selatan, ada tiga kreteria yaitu, berpengalaman, suara terbanyak dan aktif di kepartaian sebagai pengurus,” katanya.

Dijelaskan Muchendi, bahwa untuk DPC merekomendasikan satu atau lebih ke DPD lalu dari DPD melakukan rapat untuk merekomendasikan nama-nama untuk dibawa ke DPP untuk menetapkan siapa yang jadi pimpinan DPRD.
“Masa proses tersebut akan dilakukan usai pelantikan,” katanya

Melihat peluang, Muchendi diyakini bakal menduduki salah satu kursi pimpinan DPRD Provinsi Sumsel, selain meraih suara terbanyak, juga berpengalama serta aktif sebagai pengurus DPD partai Demokrat.
“Diantara caleg Demokrat, suara terbanyak itu diraih oleh Azmi Sofik, dengan 33 ribu dari dapil OKU Timur, aku nomor duo dengan 31 ribu, Jadi jugo bersyukur (unsur pimpinan : Red) tidak jadi pimpinan aku bersyukur, jadi wakil ketua itu amanh dari partai, jadi atau tidak aku syukuri,” kata Muchendi merendah.(Ril/yf)

Advertisement
Bagikan Ini Di :