Gambar_Langit Gambar_Langit

Mampu Menjadi Contoh Bagi Desa Lain Melalui Bursa Inovasi Desa

waktu baca 2 menit
Rabu, 31 Jul 2019 18:17 0 118 Putra Pamungkas

Muara Enim, Pelita Sumsel – Melalui kegiatan bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan tersebut, Kepala Desa, BPD dan perangkat Desa diharapkan dapat memberikan contoh bagi Desa Lain.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua TPID Kabupaten Muara Enim, Zakaria dalam kegiatan Bursa Inovasi 2019 yang diadakan di aula kantor Camat Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Rabu (31/07).

Melalui kegiatan yang dihadiri oleh para Kades, BPD serta perangkat Desa se Kecamatan Gelumbang tersebut, diharapkan kedepan program pembangunan Desa dapat tepat sasaran. “Semoga tidak ada lagi pembangunan yang menjadi terbengkalai,” ungkap Zakaria.

Dikatakan Zakaria, bagi para Kades yang telah mengisi kartu komitmen program inovasi Desa bursa (A) bidang Insfrastruktur, bursa (B) bidang Kewirausahaan , serta bursa (C) bidang Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dapat segera dikumpulkan dan secepatnya direkap. “Kades bisa mengisi kartu komitmen sesuai dengan pilihannya dan segera akan direalisasikan pada tahun 2020,” ujarnya.

Sementara Kadin Pemdes Kabupaten Muara Enim, Drs. Emran Tabrani melalui staf Pemdes, Ruslan sangat mengharapkan kerjasama yang baik bagi para Kades, BPD serta perangkat Desa.

“Tim TPIP nantinya akan turun kelapangan mengecek kedesa masing-masing, dan jika  Desa tersebut layak masuk dalam bursa inovasi Desa akan dipertahankan seperti pelayanan maksimal dan prima dalam melayani masyarakat, serta program inovasi Desa yang jadi unggulan,” jelasnya.

Sedangkan Camat Gelumbang, Syarkowi S Sos juga mengutarkan, bahwa bursa inovasi Desa yang dilaksanakan untuk Desa Sekecamatan Gelumbang tersebut direncanakan untuk diorbitkan ketingkat Provinsi.

“Seperti pada Tahun 2018 lalu, satu Desa berhasil menjadi contoh Desa lain sebagai Desa yang mempunyai pasar Desa Multipungsi dan sukses dibidang Insfrastruktur,” ucapnya.

“Dengan adanya bursa inovasi Desa ini, semoga dapat meraih prestasi dalam bursa inovasi Desa ketingkat Nasional. Himbauan bagi para Kades Sekecamatan Gelumbang, semoga dapat membuat inovasi Desa sebanyak-banyaknya,” pungkasnya.

Diketahui, mampak hadir juga dalam kegiatan bursa inovasi Desa tersebut, Kapolsek Gelumbang melalui perwakilan, Danramil 404-01 Gelumbang melalui perwakilan, unsur Pemdes Kabupaten, TPID, unsur Kecamatan, para Kades, BPD, serta para undangan lainnya. (Ajn)

LAINNYA