Gambar_Langit Gambar_Langit

Deru Minta Kuasa Untuk Tingkatkan Status Guru Honorer

waktu baca 2 menit
Senin, 4 Mar 2019 16:32 0 110 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Gubernur Sumsel Herman Deru meminta pemerintah pusat memberikan kuasa untuk meningkatkan status guru honorer menjadi ASN. Menurutnya masih banyak guru honorer di Sumatera Selatan yang membutuhkan perhatian.

Hal ini diungkapkan Herman Deru saat acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palembang, Senin (4/3), di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kota Palembang. Acara dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, Wakil Walikota Palembang Fitri anti Agustinda, Kepala Sekolah, Guru dan Pelajar di Kota Palembang.

“Pak Menteri minta tolong nian, banyak guru honorer SD, SMP, SMA. Kalau tidak mampu mengangkatnya tolong berikan kuasa agar kami dapat mengangkatnya,” ujar Herman Deru.

Menanggapi hal ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy pada sambutannya mengatakan, mulai tahun lalu pemerintah mulai memperhatikan guru honorer. Menurutnya pengangkatan guru honorer dilakukan melalui dua jalur tes yaitu jalur tes PNS dan jalur tes PPPK.

“Jalur PPPK itu untuk guru usia di atas 35 tahun yang tidak bisa ikut tes PNS,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu secara simbolis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy secara simbolis menyerahkan daftar Dana Alokasi Khusus (DAK) Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun 2019 untuk Kota Palembang kepada Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda. Pada kegiatan tersebut Walikota Palembang Fitrianti Agustinda juga menyempatkan diri membuat mural pada kanvas sebagai wujud apresiasi kegiatan tersebut.

Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palembang diisi dengn sejumlah kegiatan antara lain pertunjukan taru kolosal, lomba tari, dan lomba mural tingkat SD-SMP. Kegiatan disemarakkan dengan doorprize sepeda motor dan hadiah sepeda. (yf)

LAINNYA