Gambar_Langit Gambar_Langit

Museum 3D Pertamina EP Jadi Tempat Rekreasi Baru

waktu baca 3 menit
Kamis, 7 Feb 2019 23:11 0 132 Redaktur Pelita Sumsel

PRABUMULIH, Pelita Sumsel – keberadaan Museum 3D Migas yang dibangun PT Pertamina EP Asset 2 menjadi pusat perhatian masyarakat Kota Prabumulih dan sekitarnya.
Selain jadi tempat rekreasi, Museum 3D jadi edukasi bagi pelajar untuk mengetahui proses pengeboran minyak.
Setelah pengerjaannya rampung, akhirnya Kamis (7/2) pukul 11.00 WIB, Museum 3D Migas Pertamina Asset 2  terbesar dan satu-satunya di Indonesia secara langsung diresmikan oleh Gubernur Sumsel H, Herman Deru didampingi Walikota (Wako) Prabumulih, Ir, H Ridho Yahya, MM dan Ganeral Manager (GM) Pertamina Asset Astri Pujianto.

Bahkan peresmian Museum 3D migas tersebut juga dihadiri langsung kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kementerian, Prof, Dr, Ir IGN Wiratmaja Puja MSC, Ketua DPRD Prabumulih, Kajari, Dandim, Danyon Zipur, Wakapolres dan pejabat Pemprov Sumsel dan Pejabat Pemkot Prabumulih.

GM Pertamina Asset 2, Astri Pujianto mengatakan, museum tersebut tidak lain adalah sebagai bentuk apresiasi kepada Walikota Prabumulih. Dimana, dalam proses pembangunan museum tersebut juga terdapat beberapa ide dan masukan yang disampaikan oleh walikota.

“Ide ini sudah lama kita rencanakan. Bahkan ada berapa masukan yang disampaikan oleh walikota dalam hal pembangunan museum ini. Beliau pun sangat merespon, dan mendukung sekali atas pembangunan museum ini. Karena bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi tempat hiburan di Kota Prabumulih,” ungkapnya.

Museum dipenuhi gambar tiga dimensi, kata dia, museum ini juga dilengkapi dengan miniatur peralatan yang digunakan oleh PT Pertamina dalam mencari serta mengolah minyak dan gas. Bahkan di luar museum juga akan dibangun pasar terapung dan sentral kuliner serta sentral kelompok industri binaan yang dibina oleh pihak PT Pertamina EF Asset 2 Prabumulih. “Selain untuk sarana rekreasi dan hiburan, keberadaan museum ini juga sebagai wadah edukasi bagi masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Walikota, Ir, H Ridho Yahya, MM mengaku sangat bangga dengan keberadaan 3D Museum migas tersebut. Sejatinya PT Pertamina sudah harus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kota Prabumulih.

“Kita bangga, karena pertamina juga punya perhatian kepada masyarakat. Tidak hanya melalui program CSR-nya saja namun melalui pembangunan museum ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina. Karena memang kita akui, bahwasanya masyarakat Prabumulih haus akan tempat rekreasi dan sarana hiburan,” terangnya.

Ridho pun berharap, keberadaan museum tersebut bisa memberikan dampak positif terhadap perkembangan pembangunan di Kota Prabumulih.
“Dengan adanya museum ini bertambah satu lagi bangunan yang menjadi kebanggaan masyarakat Prabumulih. Apalagi museum ini adalah satu-satunya dan terbesar di Indonesia,” terangnya.

Gubernur Sumsel H, Herman Deru menerangkan, Museum 3D Migas Pertamina Asset 2 adalah satu-satunya di Indonesia tentunya menjadi kebanggan bagi masyarakat Prabumulih dan terutama masyarakat Sumsel.

Oleh karena itu, sambung Deru, hendaklah dijaga dan dirawat sebaik mungkin. “Kita bangga punya Museum 3D Migas. Selain bisa jadi edukasi juga sebagai tempat rekreasi baru. Oleh karena itu dengan mengucap bismillah hirrohma nirrohim Museum 3D Migas Pertamina Asset 2 saya resmikan, dan dibuka,” tukasnya orang nomor satu di Provinsi Sumatera Selatan ini (JNF)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA