Gambar_Langit Gambar_Langit

Palembang Raih Perhargaan Kota Peduli HAM

waktu baca 2 menit
Rabu, 12 Des 2018 19:57 0 85 Redaktur Pelita Sumsel

Jakarta, Pelita Sumsel – Pemerintah kota Palembang kembali mendapatkan penghargaan, kali ini dari Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia sebagai kota peduli hak asasi manusia (HAM)

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan Ham Yasona H Lauili kepada Walikota Palembang H. Harnojoyo di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly menyebut penghargaan tersebut sebagai apresiasi negara kepada pemerintah daerah yang mengedepankan komitmen pemenuhan hak bagi warganya.

“Terutama hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak dan lingkungan,” ujar Yasonna.

Yasonna berharap, penghargaan tersebut tidak membuat kepala daerah berpuas diri dan berhenti memenuhi hak masyarakat.

Justru, kata dia, dengan memberikan anugerah pada tahun ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kepala daerah dalam bekerja untuk menjaga nilai-nilai HAM.

“Memotivsi untuk meningkatkan peran dan tanggungjwabnya dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan dan penegakan dan pemajuan HAM,” tukasnya

Walikota Palembang H. Harnojoyo mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan yang diberikan ini.

“Ini sebagai wujud bahwa Palembang kota yang betul-betul memperhatikan hak Asasi Manusia (Ham), karena seluruh masyarakat Palembang harus mendapatkan perlindungan Ham” Ungkap Harnojoyo.

Dengan ditetapkannya Palembang sebagai kota peduli Ham, lanjut Harnojoyo, akan berdampak terhadap kepercayaan para investor dalam berinvestasi di Palembang.

“Investor semakin yakin, tidak salah memilih Palembang sebagai kota tujuan investasinya, dengan demikian akan semakin banyak keuntungan yang didapat Palembang” Kata Harnojoyo.

Sementara itu, Kabag Hukum dan Ham Setda Kota Palembang Rahmat menjelaskan, Kota Palembang mendapatkan total nilai 81,56 sehingga mendapatkan predikat kota peduli Ham.

“Nilai tersebut diantaranya didapat dari Hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan” Jelas Rahmat.

Dari 514 kabupaten/kota di Indonesia tercatat 409 kabupaten/kota yang telah berpartisipasi menyampaikan data capaian terkait upaya pemenuhan hak dasar yang telah dilaksanakannya. Dari jumlah partisipan tersebut sebanyak 271 Kabupaten Kota meraih kategori Peduli HAM, dan yang masuk kategori kabupaten/kota cukup peduli HAM ada 75 Kabupaten Kota.

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA