Gambar_Langit Gambar_Langit

Ngopi Bersama Bung FK Edisi XI, Siska Marleni Bicara Soal Literasi

waktu baca 3 menit
Senin, 3 Des 2018 23:00 0 100 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel – Pesatnya perkembangan teknologi saat ini mampu membuat para pemuda dapat dengan mudahnya dalam memperluas wawasan. Namun, pesatnya perkembangan teknogi juga menuntut para pemuda dalam meningkatkan kemampuan Literasi.

Kali ini  Ngobrol Pintar dan Inspiratif (Ngopi) bersama Bung #fk mengambil tema cukup memdidik yaitu ‘The Power of Literasi yang menghadirkan narasumber Anggota DPD RI, Siska Marleni SE MSi, Eviliana SPd MPd selaku penerjemah serta Iswadi S.Sos selalu Koalisi Penulis Aliansi Kebangsaan dan owner VosMedia.co.id

“Ini adalah diskusi dan Ngopi bersama BungFK yang ke XI, melalui tema ini kita harapkan semua unsur dapat terlibat dalam mendongkrak budaya literasi di sekolah, kampus ataupun tempat umum. Dan kita juga harapkan, kedepan tema-tema lain yang inspiratif bagi generasi muda akan kita angkat juga,” ungkap Founder Ngopi Bareng Bung#FK, Fatkurohman S.Sos usai kegiatan Ngobrol Pintar dan Inspiratif (Ngopi) di Dipo Cafe Jalan Diponogoro Palembang, Senin (03/12).

Sementara itu, Anggota DPD RI Dapil Sumsel, Siska Marleni SE MSi mengatakan bahwa kekuatan Literasi sangat dibutuhkan bagi para pemuda, para pemuda baik pelajar maupun mahasiswa diharapkan untuk dapat terus menjaga budaya dalam menulis serta membaca guna memingkatkan kekuatan Literacy.

“Frekuensi serta tensi dalam budaya menulis sangatlah harus terus dijaga,” ungkapnya

Dikatakan Siska, untuk menjaga frekwensi ataupun tensi budaya tersebut sangatlah membutuhkan sinergi dari berbagai pihak, baik dunia kampus ataupun sekolah. Selain kampus dan sekolah, sinergi pemerhati hingga pemerintah sebenarnya juga sangatlah berperan.

“Namun yang lebih penting disini adalah suport dari orang tua,” singkatnya

Dunia menulis, lanjut dia, merupakan suatu dunia yang diharapkan dapat terus ada serta dapat terus dikembangkan, khususnya para pemuda, baik bagi para pelajar hingga para mahasiswa.

“Dengan teknologi yang sudah begitu canggihnya seperti saat ini, itu bisa menjadi aksesnya para anak muda untuk menambah kemampuan atau keterampilannya untuk membaca, menulis serta berbicara ini sudah sangat terbuka,” jelasnya.

Mamfaat Menulis Bagi Generasi Muda

Hernoe Roesrijadji SIP, Owner Vosmedia.co.id mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan oleh Bung #FK tersebut merupakan kegiatan yang positif yang dapat menumbuhkan minat membaca serta menulis pada kalangan mahasiswa pada khususnya.

“Manfaat membaca dan menulis itu sangat banyak. Selain memperluas pengetahuan, manfaat membaca dan menulis itu dapat memunculkan inspirasi dan hal tersebut sangatlah bermanfaat bagi para pemuda saat ini,” ujar Hernoe.

Lebih lanjut, Hernoe mengatakan, terkait penggunaan media sosial tentang kecerdasan saring sebelum sharing, Hernoe mengungkapkan bahwa warga negara harus memiliki kepandaian dalam menyaring setiap pemberitaan yang baik ataupun setiap pemberitaan yang tidak baik yang masuk dalam kategori hoaks.

Menurutnya, kecerdasan dalam menulis dan membaca merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang khususnya bagi para pemuda agar dapat lebih cerdas dalam menyaring sesuatu yang pantas atau tidaknya untuk kemudian disharing.

“Jika berita hoaks tanpa kita saring terlebih dahulu akan berdampak pada perpecahan bangsa, maka dari itu warga negara yang baik harus mampu membedakan berita yang layak untuk di sharing dan yang tidak layak untuk disharing,” tungkasnya. (MDA)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA