Gambar_Langit Gambar_Langit

Pelancu Bawa Harum Nama Kabupaten Lahat Tingkat Nasional

waktu baca 2 menit
Kamis, 22 Nov 2018 13:30 0 100 Admin Pelita

LAHAT, Pelitasumsel – Nama Kabupaten Lahat kembali harum di kanca nasional. Kali ini, Objek Wisata Pelancu yang berada di Desa Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat, Lahat yang mengangkat nama Bumi Seganti Setungguan.

Objek wisata pelancu meraih juara 1 penghargaan wisata kreatif terpopuler se-Indonesia dari Kementerian Pariwisata RI.

Penghargaan itu diterima langsung Bupati Lahat Marwan Mansyur SH MM, pada malam Anugerah Pesona Indonesia di Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Marwan Mansyur sendiri mengungkapkan apresiasinya kepada masyarakat di Kabupaten Lahat, khususnya warga Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat, Lahat, yang sudah bekerja keras mengoptimalkan potensi desanya menjadi objek pariwisata yang dibangun berdasarkan kreativitas warga desa, sehingga menjadi pariwisata unggulan dan menjadi salah satu tujuan pariwisata di Kabupaten Lahat.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya untuk memanfaatkan potensi desa yang ada. Dan saya berharap penghargaan yang diraihnya dapat lebih memacu warga Desa Ulak Pandan untuk lebih berkarya lagi memanfaatkan potensi-potensi didesanya yang belum dioptimalkan,” tuturnya, Sabtu (24/11/2018).

Sementara, Pelancu sendiri saat ini menjadi destinasi wisata baik warga lokal maupun wisatawan yang datang dari daerah lain ditanah air hingga wisatawan dari luar negeri.

Sejak digagas 18 agustus 2017 lalu dan mulai dibuka untuk umum 1 september 2017 hingga diresmikan 10 oktober 2017, keberadaan objek wisata Pelancu seolah telah menghipnotis wisatawan.

Pasalnya, dalam kurun waktu tersebut puluhan ribu wisatawan sudah datang mengunjungi objek wisata yang menonjolkan Bukit Serelo atau Bukit Jempol sebagai ikon tersebut.

Kini, tidak hanya di hari libur akhir pekan, setiap hari biasa pun objek wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi.

Tak hanya view fotonya saja yang bagus, banyaknya wahana, keasrian alam dan didukung lokasi membuat tempat ini jadi pilihan baik wisata maupun kegiatan kelompok masyarakat.

“Ya tentu ini anugrah untuk warga di kabupaten Lahat. Penghargaan tersebut tentu akan semakin menguatkan semua elemen warga desa Ulak Pandan dan Pemkab Lahat untuk terus menginovasi pelancu,” ujar Ketua BUMDes Ulak Pandan, Evan Yusup didampingi Ketua Kataruna Desa Ulak Pandan, Nopri selaku pengelola objek wisata pelancu.

Dikatakan Evan, bagi wisatawan yang datang selain spot selfi berlatar Bukit Serelo, Aliran Sungai Lematang, ayunan, kupu kupu raksasa, perahu dan beragam lainya, ada juga wahana bagi para pengunjung seperti flaying fox, wisata air perahu ketek, dan wahana lain di pulau batu untuk wisata air.

LAINNYA