Gambar_Langit Gambar_Langit

Perjuangkan Aspirasi Masyarakat, Ini dia Usulan PDIP OKUT dalam Rapat Paripurna ke VI

waktu baca 4 menit
Kamis, 23 Nov 2017 14:40 0 109 Redaktur Pelita Sumsel

Pelita Sumsel, Martapura – Pada Rapat Paripurna ke VI DPRD OKU Timur masa sidang ke III dalam rangka membahas dan meneliti Rancangan APBD TA 2018. PDIP OKU Timur menyampaikan sejumlah pandangan umum, fraksi PDI Perjuangan yang dalam hal ini langsung di sampaikan ketua Fraksi PDIP Sugeng Carvindo, SE di hadapan para tamu undangan dengan tegas PDIP memberikan berbagai usulan dan saran untuk di realisasikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) OKU Timur pada program kerja di tahun 2018 mendatang. Kamis, (23/11) di ruang Paripurna DPRD OKU Timur.

 

Hadir dalam Rapat Paripurna ini, Bupati OKU Timur yang di wakili Sekretaris Daerah H.Idhamto, Kepala OPD, unsur FKPD serta Ketua dan wakil Ketua DPRD OKU Timur, dan anggota DPRD lainnya.

 

Sejumlah usulan Fraksi PDIP diantaranya meminta OPD terkait mengembangkan sejumlah wilayah pesisir komring untuk di jadikan tujuan wisata seperti di Desa Perjaya, Mencar dan lokasi bumi perkemahan wilayah krida mendala. Dinas terkait juga di minta menertibkan bangunan yang sifatnya mengganggu debit air yang dapat mencemarkan air untuk kebutuhan pertanian.

 

“Kami minta seluruh Dinas itu selalu memantau keluhan Masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media sosial, jadi permasalahan di masyarakat itu segera di selesaikan, jangan sampai jadi celaan masyarakat banyak, sebab media sosial sekarang dijadikan warga untuk berkeluh kesah,” ucap Sugeng.

 

Bahkan lanjut dia, PDIP juga mengusulkan ke Dinas PU Bina Marga agar pembangunan jalan atau jembatan di OKU Timur menjadi pembangunan skala prioritas. Seperti jembatan dan Jalan yang ada di sejumlah wilayah Belitang II, pihaknya juga mengajukan perbaikan jalan di Desa Tanjung kukuh dan Desa Tanjung Jaya Kecamatan Semendawai Barat. Selain itu Dinas terkait juga membantu mencarikan solusi agar jembatan gantung di Desa Negeri Sakti Kecamatan Cempaka dapat di perbaiki, yang saat ini kondisinya memperihatinkan.

 

“Kita mohon kiranya Dinas terkait untuk bangunan yang kewenangannya di Pemerintah Provinsi segera disampaikan kepemerintah Provinsi, seperti contoh jembatan di desa bantan yang hampir roboh itu sudah membahayakan segera butuh perbaikan,” lanjutnya.

 

Di bidang Pendidikan, Sugeng juga mengusulkan ke Dinas Pendidikan OKU Timur untuk menambah lokal gedung SD Negeri 4 campang 3 Kecamatan Cempaka, mengingat lokal gedung yang ada saat ini hanya 3 lokal sehingga sistem belajar siswa secara bergilir. Sedangkan di bidang sarana air bersih, pihaknya juga meminta kepada Bupati OKU Timur agar dapat memberikan sarana dan prasarana air bersih di sejumlah desa di Kecamatan Buay Pemuka Peliung

 

“Selama ini jika memasuki musim kemarau, masyarakat khususnya di sejumlah desa kecamatan BP Peliung, hanya dapat memanfaatkan air Komering yang mengakibatkan terjangkitnya penyakit kolera dan muntaber,” tambahnya.

 

Pada kondisi Keamanan PDIP pun dengan tegas meminta kepada pihak yang berwenang di wilayah hukum OKU Timur agar pelaku kriminal atau pelaku tindak kejahatan lainnya di tindak tegas, mengingat grafik kejahatan di OKU Timur selalu naik turun. “Tindakan kejahatan ini sudah meresahkan halal hukumnya untung di selesaikan,” tegasnya.

 

Sugeng menambahkan, narkoba juga saat ini sangat meresahkan masyarakat, ini salah satu pemicu terjadinya tindak kejahatan di mana-mana, untuk itu PDIP meminta penindakan terhadap kasus narkoba untuk tidak tebang pilih siapapun dekengnya selesaikan, bila perlu identitas pelaku penyalahgunaan narkoba di publikasikan sehingga memberikan efek jera.

 

Dalam rapat Paripurna ini, PDIP juga menyinggung Dinas kesehatan agar selalu mempersiapkan segala sesuatu peralatan dan perlengkapan kesehatan yang di butuhkan mengingat saat ini curah hujan terus meningkat yang dapat menimbulkan berbagai wabah penyakit.

 

“Sama halnya BNPB, kita juga minta untuk melengkapi peralatannya,  mengingat setiap kejadian musibah kebakaran maupun orang hilang karena banjir dan musibah lainnya selalu keluhannya kurang peralatan,” ucapnya.

 

Usai memberikan pandangan umum fraksi, di hadapan wartawan Pelita Sumsel, Sugeng mengatakan, dirinya berharap kepada seluruh Masyarakat OKU Timur jangan sungkan-sungkan menyampaikan setiap keluhan-keluhan ke Partai PDIP, setiap aspirasi masyarakat akan langsung di sampaikan ke Dinas terkait sehingga di harapkan mendapat solusi. Mari membangkitkan rasa memiliki untuk OKU timur hebat.

 

“Apa gunanya kita di DPRD jika masyarakat banyak berkeluh kesah, apa yang saya sampaikan ke rapat paripurna pandangan fraksi ini selain aspirasi yang saya tampung dalam masa reses, keluhan masyarakat di media sosial juga saya tampung dan kami sampaikan di paripurna ini,” terang Sugeng yang kerap kali meneriakan mardeka pada saat pembacaan pandangan fraksi. (fah)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA