Gambar_Langit Gambar_Langit

Workshop Online Research Skill se Sumatera, Tingkat kompetensi Pustakawan

waktu baca 2 menit
Minggu, 19 Nov 2017 00:50 0 148 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel-Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Drs. M. Sirozi, Ph.D. Buka secara resmi kegiatan Workshop Online Research Skill se-Sumatera. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Perpustakaan UPT UIN Raden Fatah Palembang. Workshop akan berlangsung selama 3 hari dari 17-19 November 2017 di Hotel Grand Duta Syariah Palembang(17/11).

Saat upacara pembukaan berlangsung Workshop online diikuti 70 peserta se-Sumatera . 47 Peserta dari Palembang ditambah 23 orang dari luar Palembang,  terdiri dari Aceh 1 orang, UIN SUSKA Riau 1 orang, UIN Padang 9 orang, UIN Batu Sangkar 4 orang, UIN Jambi 1 orang, UIN Lamoung 1 orang, STAIN Kerinci 2 orang, IAIN Bengkulu 2 orang, STAIN Curup 2 orang.

Utusan peserta dari palembang (47 orang), terdiri dari Perguruan tinggi yang ada di Palembang 12 orang; peserta dari Fakuktas lingkungan  UIN 20 orang, peserta dari UPT Perpustakaan Palembang 13 orang.

Saat diwawancarai Nurmalina, S.Ag., SS., M.Hum, (Kepala Perpustakaan UPT UIN RF Plg) mengatakan bahwa “acara ini memiliki beberapa 3 agenda besar; Pertama, Workshop Nasional Online Research Skill yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pustakawan untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi tidak hanya dibalik rak dan membolak balik buku. Tapi pustakawan dituntut untuk bisa mencari dan menguasai informasi baik yang tercetak maupun online dan menyebarkan kepada pengguna perpustakaan.

Kedua, kegiatan ini ditujukan khusus untuk pengelola perpustakaan dengan harapan output dari kegiatan ini, peserta bisa menukarkan ilmu yang didapat dari workshop kepada sivitas akademika di perpguruan tingginya masing-masing.

Ketiga, pembentukan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) kota Palembang. Diharapkan dengan adanya Asosiasi dan Forum Perpustakaan ini kita sebagai pengelola perpustakaab perguruan tinggi dapat saling berbagi dan bersinergi dalam memajukan perpustakaan umumnya dan perpustakaan perguruan tinggi pada khususnya ujar bu Nurmalina yang biasa dipanggil bu Alin.

Masih menurut bu Alin bahwa musyawarah kerja APPTIS (Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam) wilayah sumatera, mulai terbentuk pada 21 April 2017 di IAIN Bengkulu dan pengurusnya sudah dilantik pada Simposiun Perpustakaan di Kediri tanggal 14 Juli 2017 (yf).

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA