Gambar_Langit Gambar_Langit

TNI Gelar Lomba Foto Dan Karya Tulis Artikel

waktu baca 3 menit
Rabu, 5 Jul 2017 23:30 0 99 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel – Dalam rangka menyambut HUT ke-72 TNI tahun 2017, TNI dalam hal ini Kodam II/Swj menggelar lomba foto dan karya tulis artikel untuk kategori prajurit, PNS dan masyarakat umum. Dengan tema lomba : Bersama rakyat TNI kuat, hebat dan profesional, siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Wakapendam II/Swj Letkol Inf Paiman, menjelaskan bahwa lomba foto dan karya tulis artikel di tingkat daerah (Kodam) dilaksanakan pada bulan Juni s.d Agustus 2017 oleh Korem jajaran Kodam II/Swj, yakni Korem 041/Gamas Bengkulu, Korem 042/Gapu Jambi, Korem 043/Gatam Lampung, Korem 044/Gapo Palembang dan Korem 045/Gaya Babel. Dari hasil seleksi/penilaian tingkat Daerah (Kodam}, nantinya akan pilih 10 foto terbaik untuk masing-masing kategori, dan selanjutnya pada tanggal 21 Agustus 2017 akan dikirim ke Puspen TNI untuk dilakukan seleksi tingkat pusat. Sedangkan untuk lomba karya tulis artikel, untuk masing-masing kategori akan dipilih/diseleksi 6 hasil karya tulis artikel terbaik dan pada tanggal 14 Agustus 2017 akan dikirim ke Puspen TNI untuk dilakukan seleksi tingkat pusat.

Pemenang lomba, sambung Letkol Paiman, akan diumumkan melalui website www.tni.mil.id tanggal 31 Agustus 2017. Untuk pemenang lomba foto masing-masing kategori (TNI, PNS dan masyarakat umum), berhak mendapatkan hadiah, juara I Rp. 15 juta, Juara II Rp. 12,5 juta dan juara III Rp. 10 juta. Sedangkan pemenang lomba karya tulis artikel pada masing-masing kategori berhak mendapatkan hadiah, juara I Rp. 15 juta, juara II Rp. 10 juta dan juara III Rp. 7,5 juta. Penyerahan hadiah pemenang akan dilaksanakan pada upacara HUT TNI, 5 Oktober 2017 di Cilegon Banten.

Adapun persyaratan lomba foto menurut Letkol Inf Paiman adalah sesuai dengan tema, lokasi subyek foto berada di Indonesia atau luar Indonesia, yang merupakan aktifitas prajurit TNI periode tahun 2016-2017 dan belum pernah menjuarai lomba, foto bukan hasil manipulasi/edit digital, penyuntingan minor hanya sebatas penyesuaian pencahayaan, tanpa mengubah keaslian obyek foto (montase), foto tunggal dengan ukuran sisi panjang min 3500 PXL dan dalam format JPG min skala 10 serta materi foto dilengkapi dengan biodata nama/pangkat, alamat sesuai KTA/KTP, nomor HP, alamat email dan judul foto.

Untuk kreteria penilaian lomba foto meliputi : kesesuaian foto dengan tema, keunikan konsep/ide pada foto, pesan/ungkapan emosi pada foto, focus, komposisi dan warna pada foto.

Sedangkan persyaratan lomba karya tulis adalah karya individu, gunakan bahasa Indonesia, belum pernah diikutkan dalam lomba karya tulis lain, belum pernah dimuat di media, dilengkapi identitas diri (nama, alamat, no Hp/telp, email dan identitas diri KTP/KTA/SIM). Info lengkap dapat di tanyakan di Korem jajaran Kodam II/Swj atau buka website www.kodam-ii-sriwijaya.mil.id. (rilis)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA