Gambar_Langit Gambar_Langit

Agustus, Pemkot Gelar Nikah Massal Lagi

waktu baca 2 menit
Selasa, 4 Jul 2017 16:19 0 122 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel-Pamerintah Kota Palembang akan kembali mengelar nikah massal pada tahun ini. Meskipun belum tahu kapan pastinya, diperkirakan dilaksanakan pada akhir Agustus 2017 mendatang.

 

“Belum tahu  tapi sekitar bulan Agustus sampai Oktober tahun ini,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Kota Palembang, Riza Pahlevi, Selasa (4/7).

 

Dijelaskan dia, pihaknya menunggu kepastian dari Pengadilan Agama baru bisa menentukan hari pelaksanaan, sebab peserta nikah massal ini tidak hanya dari kalangan bujang dan gadis, melainkan juga banyak yang telah menikah namun belum tercatat secara resmi oleh negara.

“Kebanyakan peserta itu sudah nikah tapi belum punya surat nikah. Untuk mendapatkan surat nikah itu harus melalui proses sidang istbat/penetapan di Pengadilan Agama,” ulasnya.

 

Dan tak seluruh yang mengajukan permohonan akan terkabul, karena itu perlu pembuktian dengan menghadirkan sanski pernikahan, wali nikah, dan bukti lainnya.

 

“Kita koordinasi dengan Pengadilan Agama,” ucapnya.

 

Sedangkan syarat untuk pasangan yang belum menikah, untuk menjadi peserta acara ini dilakukan sepertinya halnya pernikahan pada umumnya, yakni mengurus administrasi surat nikah (NA, N1, dsb, red) .

 

“Datang ke RT lalu ke kelurahan  untuk buat surat pengantar baru kemudian ke Kantor Urusan Agama (KUA). Kalau nikah beda kecamatan harus ada surat pengantar dari kecamatan masing-masing,” terangnya.

 

Dikatakan Riza, nikah massal ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Kota Palembang untuk membantu masyarakat dengan melibatkan hinggga ratusan pasang pengantin.

 

“Kita tergetkan 50-100 pasang, tapi minimal 50 pasang. Saat ini kemungkinah sudah ada puluhan pasang  calon pengantin yang daftar,” sebutnya.

 

Bagi yang ingin daftar, lanjut Riza, dapat menghubungi pihak kelurahan masing-masing. “Ke bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) di masing-masing kelurahan,” ujarnya.

 

Sedangkan untuk lokasi, belum diketahui, namun kalau dilihat dari tahun sebelumnya, acara rutin ini dilaksanakan di Benteng Kuto Besak (BKB).(ra)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA