Gambar_Langit Gambar_Langit

2018, Palembang Akan Contoh Sistem CCTV Makassar

waktu baca 2 menit
Rabu, 3 Mei 2017 21:29 0 93 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang- Walikota Palembang Harnojoyo ikut serta dalam  Kunjungan Kerja dan Studi Banding Kesiapan Pelaksanaan Asian Games XVIII Tahun 2018 yang dilakukan Pemprov Sumsel ke Kota Makassar terkait pelaksanaan Asian Games 2018 yang selenggarakan di dua kota, yakni Jakarta dan Palembang.

Dalam  Kunjungan Kerja dan Studi Banding tersebut Walikota Palembang Harnojoyo merasa kagum. Pasalnya Sistem closed circuit television – CCTV di kota Makassar merupakan yang terbaik se-Indonesia.

Saat ini, sudah terpasang 300 titik CCTV di Makassar, dan rencana kedepan akan dikembangkan sampai 3000 titik. Aplikasi yang diterapkan juga bisa dilihat langsung oleh masyarakat melalui youtube. Pemkot Makassar juga telah memasang 60 ribu kamera, dan pada saat-saat tertentu menyiarkan kejadian-kejadian penting bagi masyarakat.

Selain itu, angkutan public memiliki dua CCTV disetiap kendaraan, sky hunter menggunakan drone sebagai pelacak, makassar sky guard jam 10 malam keliling kecamatan kondisi sampah dan lain – lain. Udah itu aja? Gak dong. Pemkot bahkan memaksimalkan infrared yang mampu menjangkau hingga jarak 4 km sebagai video survailance, Makassar sky hunter yang digunakan sebagai pencegahan tindak kriminal, dan Makassar sky guard di tingkat kecamatan dengan menggunakan drone sederhana untuk mengatasi persoalan wilayah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sangat mengapresiasi kemajuan teknologi di kota Makassar. Harnojoyo mengungkapkan kekagumannya  dan keinginannya untuk mencontoh kota Makassar ini.

“Kota Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Dengan adanya CCTV, pelaksanaan event olahraga internasional ini akan lebih aman, karena Jakabaring Sport Complex (JSC) bisa diawasi selama 24 jam. Akan kita contoh untuk penerapan sistem CCTV seperti ini, tetapi akan kita modifikasi lagi, dan kita sempurnakan lagi. Sudah kita anggarkan untuk penerapan Smart City ini,” ungkap Harnojoyo kepada awak media, Rabu (3/5).

Pernyataan tersebut juga senada dengan yang disampaikan oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang mengatakan bahwa dalam waktu dekat, area yang segera dipasang CCTV adalah kawasan Jakabaring Sport City (JSC), untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. (Rill/WR).

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA