Gambar_Langit Gambar_Langit

Gempa Berkekuatan 5,1 SR Guncang Maluku

waktu baca 2 menit
Rabu, 25 Jan 2017 15:49 0 134 Admin Pelita

Maluku, Pelita Sumsel – pukul 20.49 WIB, wilayah Maluku Tenggara dan Kepulauan Aru diguncang gempabumi tektonik berkekuatan 5,1 skala richter (SR). Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, episenter gempa terletak pada koordinat 5,82 LS-133,70 BT, tepatnya di Laut Banda pada jarak 59 km arah barat Kota Dobo pada kedalaman 22 km. 

Adapun dampak gempa bumi yang digambarkan peta tingkat guncangan (shake map) menunjukkan bahwa di Dobo Kepulauan Aru dan Tual di Kepuluan Kai mengalami guncangan dalam skala intensitas II SIG BMKG atau III-IV MMI. Selain itu, guncangan dirasakan oleh warga yang belum tidur. Alhasil, mereka berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

“Guncangan ini belum berpotensi menimbulkan kerusakan, dan hingga saat ini belum ada laporan terjadinya kerusakan,” ujar Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono Rabu (25/1/2017).

Daryono menambahkan, gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di zona Cekungan Aru (Aru Basin). Ia juga menyebut, mekanisme sumber gempa bumi ini berupa sesar turun (normal fault).

“Ini sesuai dengan karakteristik sumber gempabumi di zona cekungan. Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” imbuhnya. 

BMKG mengimbau warga di pesisir di Kepulauan Kai dan Kepulauan Aru dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
sumber : okezone.com

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA