Gambar_Langit Gambar_Langit

Telkomsel Sukses Uji Coba Jaringan 4.5G

waktu baca 1 menit
Senin, 23 Jan 2017 05:20 0 133 Admin Pelita

Jakarta,Pelita Sumsel – Salah satu Operator Seluler Nusantara, Telkomsel telah berhasil melakukan ujicoba teknologi jaringan 4.5G di beberapa titik lokasi.Keberhasilan uji coba adalah landasan pacu untuk mengkomersilkan jaringan 4.5G ini.

“Dari kecepatan tersebut ada tiga aspek yang menjadi penerapan teknologi 4.5G yaitu video,  (Wireless to the x) WTTx dan Cellular Internet of Things,” kata Deputy Director ICT Strategy and Marketing Huawei Indonesia,Mohamad Rosidi saat berbincang, di Jakarta seperti di kutip cnnindonesia.com(23/01/2017).

Dari aspek tersebut yang paling menarik adalah menyoal WTTx atau yang dikenal juga fiber optic (FO) untuk hunian, namun bedanya WTTx dipasang secara wireless sehingga operator tak perlu lagi harus membongkar jalan dan memasang tiang untuk menyalurkan internet yang dibutuhkan.

“Jadi, misal operator, tinggal memasangkan semacam modem khusus untuk menangkap jaringan kemudian ditembakan dalam bentuk WiFi. Hanya bedanya, tak seperti FTTx, pelanggan tak perlu menarik kabel jaringan,” ungkapnya.

“Jadi, coverage luas, kecepatan dobel, jarak makin nambah dan juga makin bagus. Soal experience pun tak jauh berbeda,” tukasnya.
Rosidi mengklaim, layanan WWTx cocok untuk pasar Indonesia, yang mana infrastruktur fiber optic-nya belum merata. Salah satu negara di Asia Tenggara yang sudah menerapkan teknologi ini adalah Filipina.(fly)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA