Gambar_Langit Gambar_Langit

Target beroperasi 2017, Cold Storage bantuan Kemenko Maritim

waktu baca 2 menit
Kamis, 17 Nov 2016 14:44 0 128 Redaktur Pelita Sumsel

Sungai Lilin, PelitaSumsel.com-Potensi Perikanan yang ada di Sumatera Selatan terutama di kabupaten Musi Banyuasiin yang melimpah. Hal ini yang mendasarkan  Kementerian koordinator bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim)  tertarik untuk mengembangkan ekonomi untuk mengoptimalkan kesejahteraan nelayan yang ada.

Karena itu Kemenko Maritim hari ini kamis (17/11) meninjau langsung pengerjaan membangun Integrated Cold Storage atau Gudang Pendingin Terintergrasi di Sungai Lilin Desa Teluk Kemang kecamatan Sungai Lilin kabupaten Musi Banyuasin.

Integrated Cold Storage (gudang beku) yang berskala kecil yang berlokasi di PPI PUS Sungai Lilin Desa Teluk Kemang ini berkapasita 30 ton untuk penyimpan Ikan hasil tangkapan Nelayan

Asisten Deputi Sumber Daya Mineral, Energi dan Non Konvensional, Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Amalyos Chan menjelaskan di sela peninjauan mengatakan Integrated Cold Storage merupakan program kementerian Kelautan dan perikanan demi mengoptimalkan potensi ekonomi  kelautan dan  pemanfaatan hasil sumber daya laut agar bisa  mendongkrak perekonomian daerah terus digiatkan.

“Peninjauan lapangan ke lokasi pembangunan Integrated cold storage  bertujuan untuk mengetahui secara langsung progress pembangunannya sehingga memudahkan langkah-langkah penyelesaianya apabila terdapat kendala” Ungkapnya

Selanjutnya Amalyos Chan mengatakan target  pembangunan Integrated Cold Storage akan rampung pada awal Januari 2017 dan peraoalan pasokan listrik tidak ada masalah. “Setelah Kita tinjau hari ini progres sudah mencapai 91 persen, ,” jelasnya, Amalyos Chan , Kamis ,(17/11).

Pemilihan lokasi Integrated Cold Storage di Muba, Sumsel bukan tanpa pertimbangan, selain lokasi yang berdekatan langsung dengan sungai dan pasar juga ada beberapa faktor pendukung lainnya.

“Kapasitas Integrated Cold Storage bisa mencapai 30 ton, jadi diharapkan Sumsel bisa menjadi lumbung ikan dan bisa mensuplai ke kabupaten bahkan provinsi lain seperti Jambi,” ungkanya

Turut hadir dalam peninjauan itu kepala Dinas Perikanan Kabupaten Musi Banyuasin Abdul Mukohir, camat Sungai Lilin dan beberapa utusan Dinas Perikanan dari beberapa provinsi (daf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA