Home / DAERAH / PRABUMULIH / Raih Rekor Muri, 2020 Pasangan Di Nikahkan

Raih Rekor Muri, 2020 Pasangan Di Nikahkan

Prabumulih,PelitaSumsel.com- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin menyatakan sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Prabumulih atas masuknya program Pemkot Prabumulih dalam catatan Musium Rekor Indonesia (MURI) yakni Rekor Dunia Isbat nikah masal pasangan terbanyak tingkat Kota. hal ini di ungkapkan Alex Noerdin saat menghadiri pembukaan Isbat Nikah massal yang diselenggarakan Pemerintah Kota Prabumulih di Gedung Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Minggu (16/10).

Gubernur Alex Noerdin juga mengintruksikan kepada kepala Pengadilan Agama Provinsi Sumsel untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat Kota Prabumulih terkait pengajuan permohonan Isbat Nikah.

Saat ini, Masyarakat Kota Prabumulih yang ingin mengajukan permohonan Isbat Nikah harus ke Pengadilan Agama Kabupaten Muara Enim yang jaraknya cukup jauh dan dikenakan biaya sekitar Rp. 600 ribu. Sehingga, Jarak yang jauh dan biaya ini mengakibatkan masyarakat memilih enggan untuk mengajukan sidang Isbat Nikah.

“Bekerjasama dengan Pemerintah Kota Prabumulih mencarikan solusi agar bisa melayani permohonan sidang Isbat Nikah langsung di Kota Prabumulih sehingga mempermudah Isbat Nikah bagi masyarakatn” pintanya.

Walikota Prabumulih Ridho Yahya mengatakan, Isbat nikah massal ini digelar melihat masih banyaknya masyarakat kota Prabumulih yang sudah menikah namun belum memiliki surat nikah yang sah.

Menurutnya, Untuk pelaksanaan Isbat nikah akan dilakukan 8 hakim dari pengadilan agama Muara Enim, Masing-masing hakim diperkirakan dapat menyelesaikan 40 pasang isbat per harinya sehingga kegiatan ini diperkirakan selesai dalam satu minggu.

“Kita menyiapkan sebanyak 2500 pasang kartu nikah, pasangan yang mengajukan permohonan 2098 dan yang sudah terferifikasi sebanyak 2020 pasangan,” ungkapnya. (ril/daf)

Bagikan Ini Di :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.