Gambar_Langit Gambar_Langit

Pembangunan Pasar Modern “Pasar Cinde” Terus dikebut

waktu baca 2 menit
Senin, 3 Okt 2016 15:20 0 156 Redaktur Pelita Sumsel

PALEMBANG, PelitaSumsel.com – Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menerima CEO Aldiron Hero Group, Aldrin L. Tando di Griya Agung Palembang. Senin (03/10), pertemuan tersebut sehubungan dengan surat perjanjian kerjasama Bangun Guna Serah Pembangunan Kawasan Pasar Modern “Pasar Cinde” antara Pemerintah Provinsi Sumsel dengan PT. Magna Beatum.

Pembangunan Pasar Cinde modern proses pembangunannya terus dikebut. Ditargetkan, proses administrasi selesai semua 8 November 2016, dan groundbreaking dilakukan pada Desember 2016. demikian dikatakan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin saat diwawancara.

“Pada 8 November itu, adalah sosialisasi harga sewa, ke pedagang, itu sudah selesai, namun masih dikumpulkan karena kerendahan harganya,” jelasnya.

Alex menambahkan, untuk harganya masih difinalisasi, Jumat nanti akan selesai, lalu Sabtunya diberikan ke camat untuk di sosialisasikan ke pedagang. Masih ada lagi, pada 8 November juga dibuat tempat lapak sementara mulai dibangun, juga hasil kajian taman purbakala selesai.

“Sebelum Januari 2017 sudah dilakukan ground breaking, jadi ditargetkan Desember 2016 dilakukan (groundbreakingnya : red)” ujarnya.

Lanjut Alex Noerdin, renovasi Pasar Cinde dikarenakan bangunan Pasar Cinde dinilai sudah tidak layak dan juga bukanlah cagar budaya.

“Pasar cinde tidak tepat lagi disebut bangunan cagar budaya karena sudah pernah dua kali dipugar yaitu pada tahun 1971 dan 1981,” ujar Alex.

Alex menjelaskan, jika memang masih ada yang protes terkait renovasi bangunan pasar cinde dan tetap mengatakan bangunan pasar cinde cagar budaya maka pihaknya akan membuat bangunan pasar cinde menjadi perzonasi.

“Maksud dari perzonasi ini yaitu bangunan Pasar Cinde yang diyakini masuk cagar budaya akan tetap dipertahankan misalnya tiang cendawa, maka tiang cendawa itu akan dipertahankan. Nah kalau yang bukan maka akan direnovasi,” jelasnya.

Sementara CEO Aldiron Group, Aldrin L Tando mengatakan, sesuai dengan perkataan dari Gubernur Sumsel, pembangunan Pasar Cinde akan terus berlanjut. Diupayakan tahun ini mulai dibangun.

“Tetap akan bangun dan dilanjutkan. Yang jelas, kita selalu koordinasi dengan Pemprov Sumsel terkait kesiapan, perencanaan hingga desain,” ucapnya.

dia juga meminta dukungan dan doanya sehingga target pasar modern sebelum Asian Games 2018 selesai. (ril/Daf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA