Gambar_Langit Gambar_Langit

BPS dan Pemkab OKU Timur MoU Menuju OKU Timur satu Data

waktu baca 2 menit
Senin, 11 Mar 2019 11:12 0 111 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Untuk menentukan kebijakan pemerintah sehingga benar-benar bersentuhan langsung dengan keinginan masyarakat, pemerintah OKU Timur melakukan kerjasama (MoU) dengan Badan Pusat Statistik. MoU ini juga menjadi landasan untuk melakukan survey inflasi di lapangan.

MoU dilaksanakan di ruang bina Praja II Pemkab OKU Timur langsung dibuka Bupati OKU Timur HM Kholid MD dan dihadiri sejumlah kepala OPD dan unsur terkait. Senin (11/3/2019).

Ketika diwawancarai awak media Bupati mengatakan, MoU tersebut sangat berguna untuk sinkronisasi data sehingga kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah daerah benar-benar menyentuh masyarakat. Dengan adanya survey inflasi tersebut kata dia, kedepan diharapkan data yang ada baik di BPS maupun di pemerintah daerah tidak ada perbedaan.

“MoU ini tujuannya agar OKU Timur memiliki satu data. Data ini sangat erat kaitannya dengan kebijakan yang akan diambil kepala daerah kedepan,” katanya.

Selain itu lanjutnya, jika pemerintah sudah memiliki data konkrit dan sama, maka kebijakan yang akan diambil sangat mudah dan bisa langsung diaplikasikan. Namun dirinya menghimbau kepada petugas yang akan melakukan survey harus memiliki data yang falid dan benar-benar sesuai.

“Jadi ini menjadi dasar pembangunan. OKU Timur satu data ini sama halnya dengan peta. Jika setiap daerah memiliki Peta, maka akan sulit untuk disinkronkan. Begitu juga halnya dengan hal ini. Seluruh OPD harus memiliki satu data, mulai dari kemiskinan, pendidikan, dan data lainnya,” jelasnya.

Sementara kepala BPS Ir. Maryamal Qibtiyah, MM mengatakan, untuk menuju OKU Timur satu data pihaknya melakukan MoU dengan pemerintah OKU Timur. Adapun yang akan dihitung nantinya adalah angka inflasi. Sebelum petugas ke lapangan kata dia, terlebih dahulu akan dibriefing sehingga angka yang dihasilkan benar-benar valid.

“Selama ini OKU Timur belum ada data inflasi. Setelah ini diharapkan OKU Timur memiliki satu data yang valid dan akan digunakan dalam segala hal untuk kemajuan daerah,” katanya. (fah)

LAINNYA