Gambar_Langit Gambar_Langit

Narkoba Itu Merusak Otak dan Syaraf, Jangan Sedikitpun Dicoba!

waktu baca 2 menit
Senin, 3 Okt 2016 10:53 0 166 Redaktur Pelita Sumsel

PALEMBANG, PelitaSumsel.com – Apapun jenis narkoba semua berbahaya. Selain bisa menimbulkan kematian, masa depan penggunanya pun akan suram. Demikian dikatakan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Selatan Brigjen Pol Drs Muhammad Iswandi Hari, MSi saat menjadi memberikan penyuluhan bahaya narkkoba di SMK Negeri 2 Palembang, Senin (3/10) bekerjasama dengan Tim Pemberdayaan (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumsel.

Ketua BNN Provinsi Sumatera Selatan Brigjen Pol Drs. Muhammad Iswandi Hari menghimbau kepada semua siswa SMK Negeri 2 Palembang untuk tidak mengkonsumsi narkoba jenis apa pun. Penggunaan narkoba dapat berdampak pada kerusakan otak dan sistem syaraf, selain itu dapat menimbulkan kematian.

“Narkoba itu haram dan menggunakan narkoba dilarang seluruh agama,” ujarnya.

Menurut data penelitian yang dilakukan BNN pada tahun 2015, pemakai dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia mencapai 2,18 persen. Sedangkan di  Sumatera Selatan mencapai 1,5 % atau menduduki peringkat ke 21 nasional.

Penyuluhan yang diselenggarakan TP PKK Sumsel ini dihadiri langsung Wakil Ketua tim PKK, Tartilah Ishak. Dijelaskan Tartilah, penyuluhan ini merupakan langkah penting mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa. Pendidikan mengenai bahaya narkoba bagi remaja sudah seharusnya diberikan sejak dini, guna melindungi masa depan bangsa karena masa depan bangsa terletak di tangan anak-anak bangsa.

Tartila Ishak mengungkapkan, banyak faktor penyebab terlibatnya remaja dalam penggunaan narkoba, diantaranya faktor individu dan lingkungan.

“Dari faktor individu biasanya karena rasa ingin tahu atau ingin coba-coba,” katanya.

Membangun masyarakat yang bebas narkoba akan lebih mudah dilakukan jika didukung semua pihak, termasuk institusi pendidikan, swasta, negeri serta BNN.

Melihat kenyataan ini, Tim penggerak PKK Provinsi Sumatera Selatan sangat peduli akan bahaya penyalahgunaan narkoba terutama di kalangan remaja khusunya daerah Sumatera Selatan. 

“Mengisi dengan hal-hal bersifat positif dan mendekatkan diri kepada Tuhan perlu dilakukan agar terhindar dari pengaruh narkoba,” sarannya. (daf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA