Gambar_Langit Gambar_Langit

Thia Yufada : Dengan Menulis Otomatis Bentuk Pola Pikir Dan Prilaku Anak

waktu baca 3 menit
Selasa, 16 Jul 2019 13:05 0 113 Admin Pelita

Thia Yufada Inisiasi Pelatihan Menulis Buku cerita sesuai Imajinasi Anak

Sekayu, Pelita Sumsel – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Hj Thia Yufada Dodi Reza kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Muba gelar Pelatihan Pembuatan Buku Anak untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) kelas 4,5 dan 6, di Aula Disdikbud Kabupaten Muba.

Thia Yufada sekaligus selaku Bunda Baca Kabupaten Muba mengatakan bahwa latar belakang atas inisiasi pelatihan ini berawal dari pengalaman kedua putri kembarnya yaitu Aletta dan Atalie yang bersekolah SD Mentari Nasional. Disekolah tersebut ada kurikulum yang dimandori oleh Bapak J.Proboantoro seorang penulis, yang sudah meluncurkan buku cerita anak sejak tahun 2003.

Disekolah tersebut setiap anak dibimbing untuk membuat cerita berdasarkan imajinasi nya. Ada yang mengambil dari enggle dan sudut pandang yang berbeda. Misalkan ada satu tema besar, anak-anak disilahkan untuk mengembangkan cerita masing-masing, dan hasilnya bagus, artinya setiap orang punya inspirasi, jika dirangkul dan dibimbing bisa membuat cerita yang berbeda.

“Yang Saya lihat dari proses menulis cerita, mereka menjadi pemerhati dirumah, banyak diskusi dengan saya terkait penulisan mereka, saya bilang tulis saja apa yang kamu mau tulis, nanti disekolah akan dibimbing. Nah disini proses belajar menulis otomatis bisa membentuk pola fikir mereka. Ujung dari penulisan cerita ini akan dicetak dan dijadikan buku. Tentu kebanggan bagi anak jika nanti ke toko buku ada cerita mereka di dalam sebuah buku cerita anak yang diterbitkan”, ujar Thia.

Istri Bupati Muba yang juga sebagai Women insipiration 2019 ini juga mengungkapkan, belajar menulis ini bisa membentuk pola prilaku anak, bagaimana menghargai imajinasi sendiri, menuangkan ide dalam bentuk kalimat berderet, serta sejak dini harus dikenalkan dengan kebiasaan menulis dengan bahasa dan tutur yang baik, karena nantinya di masa datang mereka akan menulis skripsi, karya ilmia dan sebagainya.

“Saya sebagai Bunda Baca mengajak anak-anak bukan hanya gemar membaca. Karena sekarang anak-anak buka gadget saja dan terhubung di wifi bisa membaca apa saja. Nah tantangan kita sekarang bagaimana memantau anak kita baca apa, maka dari itu nanti jika penulisan cerita bisa diterbitkan menjadi buku cerita, maka akan menjadi sumber bacaan yang baik bagi anak-anak”, bebernya.

Thia juga mengatakan bahwa pada prinsipnya setiap orang bisa menulis dan berdiskusi, tidak ada yang tidak bisa menuangkan imajinasi ke tulisan. Kalau pelatihan menulis cerita ini diminati oleh anak-anak mudah-mudahan bisa jadi seorang penulis, namun paling tidak mereka dapatkan pengalaman bagaimana sulitnya menulis, menuangkan imajinasi dalam tulisan dan menghargai sebuah proses.

“Mudah-mudahan kegiatan ini mendapatkan manfaat bagi anak-anak kita, akan lahir dan terbit buku cerita anak-anak Kabupaten Muba. Yang terpenting saya titipkan anak-anak kepada para guru yang saya yakini ditangan yang tepat dengan ilmu-ilmu yang mumpuni, mampu menerbitkan buku di masa mendatang”, harap Thia.

Sementara itu Kepala Disdikbud Kabupaten Muba Musni Wijaya SSos MSi mengatakan bahwa pelatihan sudah dimulai sejak kemarin,(senin 15 Juli 2019). Dan diikuti 30 peserta dan 30 SD dalam Wilayah Kecamatan Sekayu.

“Luar biasa apa yang disampaikan terkait metode pembelajaran oleh J.Proboantoro, ada pembelajaran melalui diskusi, games, menulis cerita dan sebagainya. Nah kami sudah sampaikan kegiatan ini bukan kegiatan terakhir, nanti akan ada kegiatan lanjutan sesi gelombang berikutnya. Dan kami fikir pelatihan pembuatan buku bukan hanya untuk jenjang SD tapi jenjang SMP juga perlu. Kedepan harus ada target kita untuk menulis”, lapornya. (*/WH)

LAINNYA