Home / DAERAH / Cegah Hama Wereng, Dinas Pertanian Lakukan Penyemprotan Dan Bagikan Pestisida Gratis
Petugas Pertanian bersama Masyarakat saat penyemprotan hama wereng di Desa Jaya Mulya Kecamatan SS III

Cegah Hama Wereng, Dinas Pertanian Lakukan Penyemprotan Dan Bagikan Pestisida Gratis

OKU Timur, Pelita Sumsel – Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur pada Selasa (16/07) kembali membantu petani padi di Desa Jaya Mulya Kecamatan Semendawai Suku III melakukan penyemprotan hama wereng batang coklat (WBC) di sawah petani dengan menggunakan pestisida.

Penyemprotan ini diharapkan mampu mengantisipasi penyebaran hama wereng batang yang kian meluas menyerang lahan pertanian.

Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Sujarwanto didampingi Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Semendawai Suku III Sulinah dalam sela-sela kegiatan mengatakan, pencegahan secara dini agar mencegah penyebaran WBC pada produktivitas tanaman padi. Penyemprotan ini secara bertahap telah dilakukan dari Desa ke Desa di Kecamatan Semendawai Suku III.

“Populasi WBC masih sangat rendah per batang padi. Meski begitu harus dikendalikan agar tanaman padi tidak diserang hama wereng,’’ katanya.

Dalam penyemprotan ini lanjut Sujarwanto, pihaknya menyediakan obatan-obatan pestisida yang bisa didapat petani dengan gratis. Kepada petani Sujarwanto menghimbau, agar harus waspada terhadap hama wereng ini, terus melakukan pengamatan dilahan pertanian secara rutin. Dia juga mengingatkan untuk mencegah penyebaran hama wereng ini, petani dapat menggunakan Insektisida Nabati dan bisa membuat sendiri dengan memanfaatkan tumbuhan dilingkungan seperti buah maja, gadung dan tembakau. “Kalau kesawah di lihat rumpun padinya, kalau ada hamanya segera di atasi dan laporan kepada PPL setempat,” jelasnya.

Ditempat yang sama petani padi Samsul mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemerintah melalui Dinas Pertanian, yang telah memberikan peyuluhan dan penyemprotan masa dalam pencegahan penyebaran hama wereng di lahan pertanian di Desa Jaya Mulya. “Terima kasih kepada Pemerintah Daerah karena telah memberikan peyuluhan dan bantuan obat wereng. Pencegahan sudah dilakukan semoga hasil panen nanti mendapatkan hasil yang maksima,” katanya. (fah)

Bagikan Ini Di :