Gambar_Langit Gambar_Langit

Sunnat Sembelih Hewan Qurban 10-13 Zulhijah

waktu baca 2 menit
Senin, 4 Sep 2017 16:02 0 109 Redaktur Pelita Sumsel

PAGARALAM, Pelita Sumsel – Hari raya qurban yang dilaksanakan sejak tanggal 10 hingga 13 Zulhijah, atau saat hari raya Idul Adha hingga tiga hari setelahnya merupakan waktu yang disunatkan untuk menyembelih hewan qurban. Memanfaatkan momen tersebut Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakankemenag) Kota Pagaralam H Win Hartan S Ag M PdI mengajak anak yatim mencicipi hewan qurban.

Win mengatakan, pihaknya sengaja melibatkan anak yatim untuk mencicipi hewan qurban tersebut. Karena pihaknya ingin agar anak yatim pun ikut merasakan hewan yang disembelih saat hari tasrik tersebut. Win mengaku, bahwa ada dua ekor kambing yang disembelih atas nama dia sendiri dan Drs H Ahmad Nizom M PdI selaku kasubag TU Kemenag Kota Pagaralam.

“Iya, kita sembelih hewan di hari terakhir, yakni tanggal 13 Zulhijah. Karena menyembelih hewan qurban disunatkan pada hari tasrik yakni pada tanggal 10 -13 Zulhijah. Hari ini (Senin, red) merupakan hari terakhir. Kami mengajak anak yatim di Kota Pagaralam untuk ikut mencicipinya, agar menambah keberkahan dari qurban teraebut,” kata dia, Senin (4/9).

Sambung Win, qurban sendiri merupakan sunnat muakad, yakni sunat yang hampir mendekati wajib. Pihaknya pun sangat menganjurkan kepada ummat muslim untuk menunaikannya.

“Kita selalu mengajak masyarakat Kota Pagaralam untuk menunaikan qurban, apabila mempunyai rejeki dan mampu melaksanakannya. Karena qurban ini ibarat menanam pohon di dataran tinggi, disiram oleh hujan lebat, dan pohon tersebut menghasilkan buah yang banyak, walaupun hujannya tidak lebat, akan tetapi buahnya tetap banyak,” ujar dia.

Sementara itu, Kasubag TU Drs H Ahmad Nizom M PdI menuturkan, bahwa pihaknya berharap, dari pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dikantor Kemenag tersebut. Bisa menumbuhkan semangat berqurban di kalangan pegawai kantor Kemenag dan masyarakat.

“Kita harapkan, masyarakat kedepannya makin semangat berqurban. Karena keutamaan qurban itu sangat bagus untuk kita. Kita juga memiliki hunmbungan baik kepada sesama manusia karena telah membagikan daging qurban dan mereka bisa menikmati hewan yang bergizi itu,” ungkapnya.(rpw)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA