google.com, pub-7038109890683561, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Memasuki Musim Hujan, Kendala Distribusi Logistik Surat Suara Pemilu 

waktu baca 2 menit
Sabtu, 19 Okt 2024 19:59 0 11 Redaktur Romadon

 

 

Palembang, Pelita Sumsel- Distribusi surat suara maupun logistik Pemilu lainnya mendapat tantangan. Pasalnya, kondisi cuaca yang sudah memasuki musim penghujan membuat kerja distribusi logistik Pilkada ke TPS menjadi lebih berat.

 

Ketua Bawaslu Sumsel, Kurniawan mengatakan, kondisi cuaca hujan menjadi salah satu tantangan yang telah dipetakan sebelumnya.

 

“Kendalanya dalam distribusi logistik ini adalah hujan,” ungkap Kurniawan saat menjadi narasumber dalam diskusi publik bertajuk “Harkamtibmas Jelang Pilkada Serentak 2024, Harmoni Demokrasi di Tanah Sriwijaya: Pesta Tanpa Goresan Luka.

 

Dalam tahapan ini, Bawaslu Sumsel akan melakukan pengawasan terhadap proses distribusi untuk memastikan logistik pemilu bisa sampai tujuan. Sehingga, pemilih bisa mendapatkan haknya untuk mencoblos pada Pilkada mendatang.

 

“Kami akan melakukan pengawasan mekanisme distribusinya,” terangnya.

 

Untuk itulah, sambung Kurniawan, dibutuhkan peran dari personel TNI maupun Polri dalam mengawal pelaksanaan distribusi logistik pemilu tersebut.

 

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Andi Rian Djajadi mengatakan, pelaksanaan distribusi surat suara Pilkada akan dikawal personel Polda Sumsel mulai dari gudang di KPU Sumsel hingga ke tingkatan Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Kami sudah persiapkan personel untuk mengawal dan mengamankan distribusi logistik tersebut,” kata Andi.

 

Andi mengatakan, jalannya distribusi logistik di Sumsel mendapat tantangan tersendiri mengingat kondisi geografis di Sumsel yang berupa perbukitan hingga perairan. “Kami sudah melakukan pemetaannya. Yang jelas, personel kami siap melakukan pengamanan yang juga dibantu personel TNI,” ucapnya.

 

Sementara itu, Kasi Intel Korem 044/Gapo, Letkol Kav Harto Wibowo mengatakan, pengamanan Pilkada turut menjadi perhatian dari jajaran TNI lantaran berkaitan dengan keamanan dan keutuhan wilayah yang akan berdampak ke kedaulatan. Terkait distribusi logistik Pilkada ke wilayah pelosok, Kodam II Sriwijaya telah membentuk tim di lima provinsi dibawah Korem.

 

“Personel Babinsa siap bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas untuk menjangkau daerah yang terpencil,” tutupnya

LAINNYA