Gambar_Langit Gambar_Langit

Puluhan Pengurus Srikandi TP Sriwijaya Kunjungi Istana Sultan Palembang

waktu baca 2 menit
Jumat, 16 Agu 2024 22:01 0 26 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel- Puluhan pengurus Srikandi Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya Sumsel, Jabar dan Kabupaten Kepayang, lakukan kunjungan ke istana adat Kesultanan Palembang Darussalam, di Jalan Sultan M Mansyur, Kecamatan IB II Palembang, Jumat (16/8/2024).

Rombongan tersebut disambut Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja.

Dalam kesempatan tersebut rombongan tersebut sempat kagum melihat Al Quran Tintas Emas peninggalan era Kesultanan Turki Usmani, stempel Kesultanan Palembang Darussalam dan baju Kesultanan Palembang Darussalam, silsilah Kesultanan Palembang Darussalam.

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja mengatakan, pihaknya kedatangan pengurus dari Srikandi TP Sriwijaya yang ingin melestarikan adat dan istiadat Palembang Darussalam.

“Karenanya mereka ingin tahu kesejarahan Kesultanan Palembang Darussalam, budaya-budaya yang ada dan juga ingin bersinergi dengan Kesultanan Palembang Darussalam ,” katanya.

Dengan kedatangan pengurus Srikandi TP Sriwijaya ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam, mereka akan mendapatkan informasi dan anggota- anggotanya memiliki wawasan mengenai Kesultanan Palembang Darussalam.

“Sangat antusias ibu-ibu tadi melihat koleksi dari Kesultanan Palembang Darussalam,” tuturnya.

Kedepan pihaknya bersama-sama dengan pihak Srikandi TP Sriwijaya akan menaikkan Ratu Sinuhun sebagai pahlawan nasional.

“Karena kita akan memfokuskan bagaimana menaikkan Ratu Sinuhun sebagai pahlawan nasional,” katanya,

Sedangkan Ketua Umum Pengurus Pusat Srikandi Tenaga Pembangunan (TP) Sriwijaya Nyimas Alia mengatakan, tujuan pihaknya bersilaturahmi ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam, tidak lain dalam rangka memperingati 17 Agustus di kota Palembang dengan melakukan wisata budaya dan religi.

Kunjungan ke Palembang ini dilakukan pihaknya hingga tanggal 18 Agustus dimana tanggal 18 Agustus adalah acara puncaknya di Stisipol Chandra Dimuka Palembang dengan merayakan HUT RI ke 79 tahun yang akan dihadiri Ketua Umum TP Sriwijaya dan mengundang Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi

“Dengan mengunjungi Al Quran terbesar tadi juga dan tempat lain dan Kesultanan Palembang Darussalam karena kami memiliki misi untuk menitipkan perjuangan untuk pahlawan perempuan nasional Ratu Sinuhun,” ujarnya.

Menurutnya masih banyak Sumbagsel masih belum tahu tentang Kesultanan Palembang Darussalam, Sultan Palembang dan lain-lain.

“Sehingga kita ajak kesini supaya banyak mendapatkan informasi,” katanya.

Dan pihaknya juga sangat kagum melihat peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam seperti Al Quran tinta emas dan lainnya.

“Kita juga harus mensuport Kesultanan karena ini adalah garda terdepan melestarikan budaya Palembang , kalau kita bangga sebagai orang Palembang,” tutupnya.

LAINNYA