Gambar_Langit Gambar_Langit

Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati OKI Harapkan generasi muda Menjaga Kerukunan dan Keutuhan

waktu baca 2 menit
Selasa, 4 Jun 2024 21:37 0 14 Redaktur Romadon

 

OKI, Pelita Sumsel– Setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Dalam amanatnya Pj. Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) menyampaikan agar generasi muda dan seluruh masyarakat indonesia menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak masyarakat OKI untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.”, Ujar Asmar. Senin, (3/6)

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Asmar dalam sambutannya menyampaikan pancasila jadi bintang yang memandu kehidupan agar sesuai cita-cita negara.

“Pancasila terkandung nilai-nilai inklusif, toleransi dan gotong royong. Saya mengajak seluruh elemen untuk membumikan nilai-nilai pancasila”, imbuhnya.

Disampaikan Asmar, Di tengah segala tantangan dan dinamika bernegara, Pancasila adalah sebagai bintang penuntun yang membawa Mahkamah Agung pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi yang berkolaborasi dengan kemajuan Teknologi dan Informasi untuk mewujudkan Badan Peradilan Yang Agung.

“Pancasila agar jadi Ideologi yang bekerja dan keadilan manfaat dirasakan seluruh tumpah darah Indonesia”, katanya.

Ia mengatakan pancasila jadi filter dengan masifnya penggunaan teknologi dalam akses informasi dimanfaatkan secara bijaksana melalui konten positif yang edukatif.

Asmar juga mengajak mengarusutamakan pancasila dengan metode dan cara kekinian dengan melibatkan kaum milenial dan gen z sebagai tokoh utamanya.

“Mari kita gotong royong, rawat anugerah Pancasila, menjaga keutuhan dan kesatuan, Selamat Hari Lahir Pancasila”, pungkasnya. (bibah andi)

LAINNYA