Gambar_Langit Gambar_Langit

Kloter 9 Tiba di Asrama Haji Sumsel, Kloter 3 Bergerak Ke Mekkah

waktu baca 2 menit
Kamis, 23 Mei 2024 11:38 0 13 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel- Sebanyak 450 jemaah haji Kloter 9 Embarkasi Palembang tiba di Asrama Haji Sumsel, Rabu (22/05/2024). Jemaah haji asal Palembang dan OKU Selatan ini datang secara bertahap. Jemaah asal Palembang berjumlah 187 orang tiba lebih awal sekitar pukul 12.00 WIB, sedangkan 258 jemaah asal OKU Selatan baru tiba pukul 15.00 WIB.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel Armet Dachil mengatakan, hingga saat ini embarkasi Palembang telah memberangkatkan 3.591 jemaah haji, dengan rincian Sumsel 2.442 orang, Babel 1.109, dan 40 petugas kloter. Ia juga menjelaskan bahwa Kloter 9 Embarkasi Palembang ini merupakan kloter terakhir gelombang pertama yang diberangkatkan dari Palembang menuju Madinah.

“Setelah itu kloter 10 sampai 19 masuk gelombang kedua yang langsung berangkat dari Palembang menuju Jeddah, dilanjutkan ke Mekkah Almukarromah,” terang Armet.

Sementara itu dari Madinah, Ketua Kloter 3 Saefudin melaporkan, hari ini jemaahnya siap bergerak dari Madinah menuju Mekkah terjadwal pukul 17.00 waktu setempat. Sebanyak 447 jemaah kloter tiga sudah siap meninggalkan Madinah menuju Mekkah.

“Insya Allah pergerakan nanti sore berjalan lancar, berbagai imbauan telah kita sampaikan. Harapan kita semua jemaah kita bisa berangkat ke Mekkah dengan lancar,” ujar Saefudin.

Hal senada disampaikan dokter kloter 3 Ramona Fitri, yang mengatakan bahwa cuaca di saudi saat ini mencapai 41 derajat celcius dan banyak beberapa jemaah mengeluhkan sakit kepala, kaki dan bibir pecah-pecah. Untuk itu dirinya beserta petugas kloter lainnya terus mengimbau jemaah agar sering minum air putih dan menggunakan alat pelindung diri seperti penutup kepala dan alas kaki. Jemaah juga diminta mengurangi aktifitas luar yang terpapar langsung sinar matahari.

“Mengingat kondisi cuaca sangat panas, jemaah kita imbau untuk minum air putih 300 ml tiap jam, menggunakan alat pelindung diri seperti topi, payung, masker dan menyemprotkan air ke wajah dengan botol spray yang telah diberikan saat di embarkasi,” pesan Ramona.

LAINNYA