Gambar_Langit Gambar_Langit

OKI Dukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan dari Sekolah dan Perkantoran

waktu baca 2 menit
Minggu, 25 Feb 2024 23:19 0 37 Redaktur Romadon

 

OKI, Pelita Sumsel  – Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Goes to School & Goes to Office ini bertujuan untuk merubah mindset dari dari pembeli menjadi produsen, pada Minggu, (25/02) di Jakabaring Sport City.

Pj Bupati OKI, Asmar Wijaya mengaku akan turut mendukung serta mensukseskan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini.

“Pada prinsipnya kita siap mendukung. Program ini juga bagus untuk melatih kemandirian pangan dengan mengoptimalkan lahan dan pekarangan yang ada. Hal ini juga perlu ditopang dengan dan mindset untuk tidak terlalu konsumtif”, ungkap Asmar.

Ia menambahkan, para siswa ini juga dapat berlatih sejak dini untuk merawat tanaman hingga bisa panen.

“GSMP ini juga melatih kemandirian, tanggung jawab dan kecakapan para siswa untuk dapat mengelola sumber daya yang ada”, imbuhnya.

Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni menyampaikan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) goes to school sendiri bertujuan menanamkan pola pikir kepada para siswa di sekolah untuk memproduksi sendiri kebutuhan pokoknya sejak anak-anak”, kata A.Fatoni.

Sehingga, sambung dia, ini akan menjadi pola hidup mereka dan yang pada akhirnya akan menjadi budaya para pelajar di masa mendatang.

“Menjadi apapun profesi para pelajar ini nantinya, pola hidup yang produktif dan budaya bercocok tanam ini akan melekat. Terima Kasih dan apresiasi untuk seluruh pihak terlibat dalam Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Goes to School dan Goes to Office”, tambahnya

A. Fatoni dalam interaksi secara virtual dengan para Kepala Sekolah di wilayah Provinsi Sumatera Selatan bersama dengan Bank Indonesia akan membagikan 5000 bibit cabe pada SMA / SMK yang terpilih sebagai Pilot Project Program GSMP ini.

“Nanti kalu sudah berhasil, kita bisa panen bersama-sama”, harapnya.

Di akhir sesi, Pj. Gubernur Sumatera Selatan itu memberikan bibit secara simbolis kepada para Pelajar SMA dan SMK di wilayah Provinsi Sumatera Selatan serta memberikan doorprize Satu Sepeda Listrik kepada siswi dari SMAN 19 Palembang.(bibah)

LAINNYA