Gambar_Langit Gambar_Langit

Survei Charta Politika, Prabowo – Gibran Pertama, Disusul Ganjar – Mahfud

waktu baca 2 menit
Minggu, 21 Jan 2024 21:13 0 89 Redaktur Romadon

 

Jakarta, Pelita Sumsel – Survei Charta Politika menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul jauh dari pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Dalam survei yang dilakukan 4-11Januari 2024, elektabilitas Prabowo-Gibran tercatat sebesar 42,2 persen. Namun, angka ini turun sekitar 1,6 persen dibandingkan survei pada Desember 2023 yang tercatat 43,8 persen.

Kemudian, Ganjar-Mahfud ada di posisi kedua dengan elektabilitas 28 persen. Anies-Muhaimin di posisi buncit dengan elektabilitas 26,7 persen.

“Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming menjadi pilihan tertinggi responden pada pertanyaan tertutup, di atas Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar,” demikian rilis pers Charta Politika, dilansir dari CNN Indonesia Minggu (21/1).

 

Survei Charta Politika melihat tingkat kemantapan pilihan responden terhadap pasangan capres-cawapres secara umum seimbang. Menurut survei, tingkat kemantapan pemilih Anies-Muhaimin 78 persen, Prabowo-Gibran 78 persen, dan Ganjar-Mahfud 77 persen.

Survei juga mengumpulkan berbagai alasan responden dalam menentukan pilihan capres. Sebanyak 24,8 persen responden memiliki alasan capres-cawapres harus memiliki sikap merakyat/perhatian pada rakyat.

Kemudian, diikuti capres-cawapres harus tegas/berwibawa (18,2 persen), pintar/berpendidikan (12 persen), serta jujur/bersih dari praktik KKN (11,3 persen).

Survei Charta Politika melibatkan 1.220 responden berusia 17 tahun ke atas dan menggunakan dengan metode wawancara tatap muka. Penghitungan dilakukan melalui metode sampling multistage random sampling dengan margin of error 2.82 persen.

Sementara itu, survei Indikator Politik Indonesia periode 10-16 Januari 2024 menyatakan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai 48,55 persen.

Sementara itu posisi kedua ditempati Anies-Muhaimin dengan elektabilitas sebesar 24,17 persen. Capaian itu sekaligus mengalahkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang hanya 21,60 persen. (**).

LAINNYA