Pemberdayaan Kelompok Pembudidaya Ikan Lele dalam Pengembangan Produk Pasca Panen Unggulan Desa Sungai Dua Kecamatan Rambutan

waktu baca 3 menit
Jumat, 10 Nov 2023 14:15 0 94 Admin Pelita

Palembang, 10 November 2023 – Prodi Ilmu Perikanan Universitas Sumatera Selatan melakukan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan tema “Pemberdayaan Kelompok Pembudidaya Ikan Lele dalam Pengembangan Produk Pasca Panen Unggulan Desa Sungai Dua Kecamatan Rambutan”.

Kegiatan ini dilaksanakan di rumah mitra (Masyarakat Desa Sungai Dua) di desa Sungai Dua kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (8/8/2023) dan dihadiri oleh masyarakat setempat, ibu PKK, kepala desa, perangkat desa, karang taruna, dosen, dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini didampingi oleh dosen Universitas Sumatera Selatan yang berasal dari Program Studi Ilmu Perikanan, ketua PPK Ormawa yang berasal dari mahasiswa program studi Ilmu perikanan, 14 anggota PPK Ormawa yang berasal dari mahasiswa program studi ilmu perikanan dan program studi Ilmu komputer. Kegiatan dilakukan yang diketuai oleh Muhammad Rahul dan didampingi oleh ibu Guttifera, S.Pi., M.Si.

Kegiatan ini juga mengajak mahasiswa Universitas Sumatera Selatan dan mendukung kegiatan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang merupakan program hibah dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang lolos pendanaan dari Kemendikbudristek, anggaran tahun 2023.

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) ini antara lain sosialisasi kegiatan, Pelatihan pertama dilakukan tentang pengembangan produk pasca panen yaitu pengolahan kerupuk kemplang ikan lele, pelatihan kedua mengenai standarisasi pengemasan, pelatihan ketiga mengenai strategi pemasaran, dan pelatihan terakhir mengenai tata cara pembentukan kelembagaan, seperti UMKM dan Koperasi Desa.

Narasumber yang terlibat dalam kegiatan ini beberapa dosen dari Universitas Sumatera Selatan yang berkompeten dibidangnya masing-masing. Pembinaan dan pemberdayaan yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan potensi Desa Sungai Dua sehingga mampu menggerakkan perekonomian melalui program Desa wirausaha.

Target sasaran adalah Menjadikan Masyakarat desa sungai dua pembudidaya Ikan lele yang awalnya hanya dijual dalam keadaan ikan segar, melalui program PPK Ormawa masyarakat dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan bahkan pendapatan secara mandiri melalui pengolahan produk pasca panen.

Prodi Ilmu Perikanan Universitas Sumatera Selatan melakukan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di Sungai Dua Banyuasin, Selasa (8/8/2023)

Tujuan dari program PPK Ormawa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat Desa Sungai Dua mengenai pengembangan produk pasca panen sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat dan terbukanya lapangan kerja baru, meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat Desa Sungai Dua mengenai standarisasi pengemasan produk kerupuk kemplang sehingga memiliki memiliki informasi nama dan alamat produksi, komposisi bahan yang digunakan, berat produk dan informasi keamanan pangan (PIRT dan tanggal produksi)

Kemudian juga kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat Desa Sungai Dua mengenai strategi pemasaran sehingga jangkauan pasar produk tidak hanya disekitar Sumatera Selatan tapi skala pasar global, serta pemahaman masyarakat Desa Sungai Dua mengenai pembentukan kelembagaan, seperti UMKM Kerupuk Kemplang dan Koperasi Desa untuk mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat Desa Sungai Dua.

Selain pada proses pengembangan produk pasca panen penjualan hanya berupa ikan segar kegiatan ini juga melakukan perbaikan sistem standarisasi pengemasan produk kerupuk kemplang sehingga memiliki informasi nama dan alamat produksi, komposisi bahan yang digunakan, berat produk dan informasi pangan (PIRT Dan tanggal produksi), selanjutnya strategi pemasaran sehingga jangkauan pasar produk tidak hanya disekitar Sumatera Selatan tapi skala pasar global.

Kegiatan ini juga memberikan tambahan pengetahuan masyarakat mengenai pembentukan kelembagaan seperti UMKM Kerupuk Kemplang dan koperasi desa untuk mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat Desa Sungai Dua,yang awalnya belum memiliki pemahaman cukup tentang pengembangan produk, standarisasi pengemasan, strategi pemasaran produk pasca panen dan belum memiliki pemahaman tata cara pembentukan kelembagaan.

Program PPK ORMAWA ini akan memberikan pendampingan dan pelatihan dalam pengetahuan dan bimbingan mengenai pemberdayaan kelompok pembudidaya ikan lele dalam pengembangan produk pasca panen unggulan desa sungai dua kecamatan rambutan.

Kedepan semoga usaha masyakat desa sungai dua dapat terus maju, berkembang dan menjadi industri yang memajukan perekonomian di Sumatera Selatan. (Ril)

LAINNYA