Gambar_Langit Gambar_Langit

Gubernur :  Karnaval Seni Budaya Salah Satu Cara Menjaga Kelestarian Budaya Sumsel  

waktu baca 2 menit
Minggu, 25 Jun 2023 20:18 0 160 Redaktur Romadon

 

OKU, Pelita Sumsel – Usai melalukan penutupan Kontes Bonsai Tingkat Nasional  dan membuka lomba burung berkicau Gubernur Cup 2023 di Martapura Kabupaten OKU Timur, Gubernur H Herman Deru melanjutkan agenda kunjungan kerja ke Kabupaten OKU guna menutup pagelaran Festival dan pelepasan Karnaval Seni Budaya Pelajar SMK SE- Sumatera Selatan, penutupan Job Fair se-OKU Raya yang dipusatkan di Taman Kota Baturaja, Minggu (25/6) siang.

 

Gubernur Herman Deru mengaku takjub dengan aneka loba tari kreasi, lomba band, jingle, busana daera, fashion, karnaval budaya, dan pameran produk SMK, serta Job Fair se-OKU Raya yang berlangsung dari  23 – 25 Juni 2023 tersebut.

 

Dikatannyan, karnaval seni budaya dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam memahami nilai-nilai budaya tradisi leluhur di tengah gencarnya gempuran budaya asing.

“Pertama kita tetap teguh berkomitmen seni budaya di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumsel tetap terbaik dibandingkan seni budaya yang datang dari budaya asing, festival ini satu cara bagi kita untuk membentengi diri kita, dalam mewariskan budaya ke anak cucu dengan keasliannya,” tegasnya.

Herman Deru menyebut, budaya asing saat ini lebih praktis, dan hal tersebut menjadi hal yang mudah untuk generasi penerus tergoda. Oleh sebab itu, Ia berharap kegiatan festival karnaval budaya lebih diperbanyak lagi, dan dapat diikuti semua peserta dari kalangan umum.

Khusus terkait  job fair, Herman Deru mendoakan agar  1.724 orang pendaftar dapat diterima  di  35 perusahaan mitra industri.

“Pada dua hari jobfair seleksi bakat minat, kemampuan bagi seluruh lulusan smk, agar semuanya dapat diterima karena kemampuan akademik, diplomasi dan mumpuni  sebagai generasi yang siap kerja,” tandasnya

Sementara Pj  Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah  menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Provinsi Sumsel  yang memberikan perhatian penuh terhadap kemajuan Bumi Sebimbing Sekundang.

Menurutnya, Karnaval Seni Budaya Pelajar SMK SE- Sumsel dan pelaksanaan job fair se OKU Raya, membawa dampak yang luar biasa terhadap kemajuan ekonomi masyarakat OKUU.

 

“Suatu kebahagiaan bagi kami Bapak Gubernur, Kabupaten OKU menjadi tuan rumah pelaksanaan Karnaval Seni Budaya Pelajar SMK SE- Sumatera Selatan, ini tentu saja membawa dampak positif. Dimana dapat mengenalkan dan mengedukasi anak-anak kita terhadap budaya asli Provinsi Sumsel terkhusus Kabupaten OKU,” tambahnya.

“Perputaran ekonomi, dan geliat ekonomi terjadi di Kabupaten OKU, kami sangat berterimakasih kepada Gubernur  dinas pendidikan Provinsi Sumsel, serta semua pihak terlibat mudah-mudahan festival ini menjadi keberkahan bagi kami,” pungkasnya.

 

Dalam kesempatan itu Gubernur menyerahkan bantuan peralatan drum band, penyerahkan buku Hj Percha Leanpuri “Srikandi Sumatera Selatan”, pelepasan burung merpati dan pengibaran bendera start karnaval drum band SMK se-Sumsel.

LAINNYA