Tekan Inflasi, Pemkab Muba Gelar Operasi Pasar Beras dan Sembako

waktu baca 2 menit
Kamis, 15 Jun 2023 16:46 0 62 Redaktur Romadon

Sekayu, Pelita Sumsel – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian menggandeng Perum Bulog Drive Sumatera Selatan melaksanakan Operasi Pasar Beras Medium. Bertempat di Halaman Kantor Camat Sekayu, Kamis (15/6/2023).

Pj Bupati Muba H Apriyadi diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro SH MHum mengatakan, pelaksanaan kegiatan operasi pasar ini dalam rangka pengendalian inflasi daerah dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok di Kabupaten Muba.

“Untuk saat ini beras dan minyak goreng berdasarkan hasil pemantauan harga dan stok sudah menunujukkan tren kenaikan harga di pasar-pasar tradisional. Kami mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Perum Bulog Drive Sumsel Babel atas kontribusinya, sehingga terselengggaranya kegiatan operasi pasar di kecamatan sekayu ini,”ucap Andi.

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini juga menyampaikan harapan kepada Perum Bulog untuk dapat menyelenggarakan kegiatan operasi pasar ini di beberapa kecamatan  yang ada pasar tradisionalnya seperti Kecamatan Babat Toman, Sungai Lilin dan Bayung Lencir sehingga dapat mengendalikan inflasi daerah dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok, utamanya menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H.

“Bantuan dari pemerintah tersebut sebenarnya sangat kecil sekali nilainya, tapi harapan pemerintah dengan diadakannya operasi pasar ini dapat membantu masyarakat, khususnya masyarakat yang terdampak inflasi,”pungkas Andi.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Muba Nwardi Endang melaporkan dalam pelaksanaan operasi pasar ini di kucurkan sebanyak 5.000 ton beras, Minyak goreng 500 kg dan gula pasir 500 kg. Dalam pelaksanaan operasi pasar ini adalah beras kualitas premium tetapi dengan harga medium.

“Paket Beras Minyak Rp. 60.000 per paket, Paket Beras Gula Rp. 57.000 per paket, Paket Beras Beras Tepung Rp. 56.000 per paket. Beras medium kemasanan karung 5 kg, Minyak goreng merk Fortune, Gula pasir merk Manis Kita.¬† Adapun paket-paket operasi pasar ini harus menukarkan kupon dan uang pas sesuai harga paket, kupon yang dibagikan sebanyak 1000 kupon yang tersebar di Kelurahan Kayuara, Soak Baru, Balai Agung dan Serasan Jaya,”bebernya.

LAINNYA