Gambar_Langit Gambar_Langit

Desa Karang Dapo Wakili OKU Dalam Penilaian Percontohan Desa Anti Korupsi

waktu baca 2 menit
Rabu, 1 Feb 2023 20:11 0 239 Admin Pelita

OKU, Pelitasumsel.com – Desa Karang Dapo kecamatan Peninjauan, mewakili Kabupaten OKU dalam penilaian Percontohan Desa Anti Korupsi.

Desa Karang Dapo terpilih menjadi salah satu Desa dari tiga Desa di Sumatera Selatan untuk menjadi percontohan Desa anti korupsi.

TIM KPK RI dari direktorat pembinaan peran serta masyarakat KPK diketuai oleh Freis Mount Wongso, Bunga Abadiyah dan Febriyan Kelana ini melakukan observasi di Desa tersebut sebelum dilakukan penilaian dan menjadi Desa anti korupsi pertama di sumatera selatan yang akan dilakukan penilaian akhir pada tahun ini.

Dikatakan Wongso, di indonesia 11 Desa yang sudah menjadi desa anti korupsi, namun untuk sumatera selatan baru pertama dilakukan penilaian dan diwakili tiga desa dari tiga kabupaten yakni Muara Enim, OKU dan Banyuasin.

“Dari tiga desa ini nanti akan dilakukan penilaian akhir tahun nanti dan akan ditetapkan satu Desa sebagai Desa anti korupsi untuk pertama kali di sumatera selatan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Karang Dapo Martina wati mengungkapkan, di Bulan Agustus Tahun 2022 dari Pemkab OKU, Desa Karang Dapo dan Desa Batu Marta mewakili Kabupaten OKU menjadi nominasi Desa anti korupsi di Sumatra Selatan.

“Pada waktu itu kami dari 11 Desa dari beberapa Kabupaten di Sumatra Selatan, salah satu nya Desa Karang Dapo bisa mewakili Kabupaten OKU  untuk menjadi nominasi ke KPK RI, hari ini team KPK datang ke Desa Karang Dapo untuk melakukan Observasi terkait kegiatan tersebut,” ungkap Martina.

Lanjutnya dikatakan Martina, setelah Desa Karang Dapo terpilih dari Inspektorat Sumatra Selatan, Pihaknya melakukan persiapan segala sesuatu indikator yang di terapkan oleh KPK RI.

“Ada lima indikator yang diterapkan KPK RI yang mencakup di delapan belas sub indikator, alhamdulilah semua itu sudah ada di Desa karang Dapo, ” ujarnya.

Semenjak dirinya menjadi Kepala Desa Karang Dapo lanjutnya, yang pertama ia lakukan yakni pembemahan masalah adminitrasi, semua dokomen – dokumen di Desa karang Dapo terdokumentasi dengan baik. Maka dari itulah di tahun 2021 Desa karang Dapo menjadi Desa paling cantik.

Sementara itu Sekertaris Dakerah Kabupaten OKU Achmad Tarmizi berharap, dengan adanya Desa percontohan Desa anti korupsi ini, dapat menjadi Desa rujukan Desa lain untuk tertib administrasi. “Pemkab OKU sangat mengapresiasi Desa Karang Dapo menjadi salah satu desa yang dilakukan observasi dalam rangka penilaian Desa Anti Korupsi,” tandasnya. (AND)

LAINNYA