Gambar_Langit Gambar_Langit

Krass Minta Jokowi Libatkan Serikat Tani Gabung Dalam Satgas Mafia Tanah

waktu baca 2 menit
Rabu, 25 Mei 2022 23:51 0 132 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Sambut instruksi Presiden Joko Widodo untuk menindak tegas mafia tanah, Komite Reforma Agraria Sumatera Selatan (Krass) mendukung penuh dalam pembentukan satgas mafia tanah dan meminta untuk melibatkan serikat tani dalam satuan tugas itu.

Dikatakan, Sekretaris Jendral Eksekutif Harian Komite Reforma Agraria Sumatera Selatan, Ki Edi Susilo, jika dukungan itu sebagai bentuk langkah besar untuk memberantas mafia tanah, tanpa terkecuali juga pada wilayah Propinsi Sumatera Selatan.

“Sumsel ini banyak sekali surat yang mencari tanah dan pada akhirnya banyak tanah masyarakat dan petani yang di jual oleh para mafia itu ke pihak koorporasi,” ungkap Ki Edi saat dibincangi, Selasa (25/5/2022).

Menurut dia, para serikat tani atau kelompok tani yang ada dapat turut terlibat dalam satuan tugas pemberantasan mafia tanah. Agar apa yang diharapkan dengan Intruksi presiden untuk dapat memberantas mafia tanah dapat segera terwujud sehingga Indonesia terbebas dari para mafia tanah.

“Krass sudah bertahun tahun melakukan advokasi untuk hal ini dan ada 15 konflik agraria yang tengah di tangani. agar para petani terbebas dari mafia tanah. Jadi kita harapkan segera untuk bentuk satgas berantas mafia tanah,” tegasnya.

Dia juga mengungkapkan, bahwa ada sembilan serikat Tani di Sumatera Selatan yang tergabung dalam. KRASS antara lain

1. Serikat Tani Nelayan (STN)

2. Serikat Petani Indonesia (SPI)

3. Garda Sriwijaya Indonesia (GSI)

4. Gerakan Tani Sumsel

5. Gerakan Mahasiswa pembaharu Agraria

6. Serikat Petani Pejuang Sriwijaya

7. Gerakan Tani Nelayan

8. Serikat Petani Sriwijaya

9. Serikat Petani Suku Anak Dalam Muratara

Selain itu, Ki Edi yang juga merupakan Anggota Gugus Tugas Reforma Agraria Sumatera Selatan, memgungkapkan bahwa masih banyaknya kalangan elit yang turut masuk dalam sindikat mafia tanah yang semakin membuat mulusnya aksi para mafia itu.

“Kita harapkan serikat tani bisa ambil bagian nantinya dalam pemberantasan mafia tanah,”harapnya

 

Ditambahkan, Darwis Anggota Komite Reforma Agraria Sumatera Selatan bahwa apa yang disampaikan ini lebih tepatnya mendesak pemerintah untuk segera membentuk tim itu.

Karna, Konflik agraria telah mencuat banyak sekali bahkan mafia yang bermain baik dari kalangan atas sampai bawah.

Oleh karna itu, dirinya juga berharap setiap Propinsi akan adanya satgas dapat melibatkan serikat Tani. Sebab petani yang bersentuhan langsung dengan masalah Agraria.

“Kalau sudah ada satgas mafia tanah, nantinya bisa berjalan beriringan dalam.pemberantasan dan para petani tidak khawtir lagi akan mafia tanah,” tutupnya.

LAINNYA