Gambar_Langit Gambar_Langit

Aktif Bergerak Dukung Kemajuan Posyandu, Ny Melly Susanti Andrie Dapat Penghargaan Dari TP PKK Kabupaten

waktu baca 3 menit
Selasa, 2 Nov 2021 19:00 0 85 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan BP Bangsa Raja Nyonya Melly Susanti Andrie menerima penghargaan atas komitmennya dalam mendukung kemajuan Posyandu yang ada di Kecamatan setempat.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Forum Kader Posyandu Indonesia (FKPI) yang diserahkan langsung melalui Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur dr Sheila Noberta. Selasa (02/11/2021) di ruang Bina Praja II Kantor Bupati OKUT.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur dr Sheila Noberta menyampaikan apresiasinya kepada para TP PKK Kecamatan khususnya TP PKK Kecamatan dan Desa di Kecamatan BP Bangsa Raja, yang telah berkomitmen dalam memajukan peran posyandu. Dimana juga Kecamatan ini telah menjadi pilot project dari FKPI dalam mensukseskan program Kartu Amal Kehidupan (KAK) sebagai program memajukan peran posyandu.

“Dari laporan FKPI, di Kecamatan BP Bangsa Raja belum 2 bulan sudah hampir 2000 masyarakat sudah terdaftar sebagai donatur tetap pada program KAK, ini merupakan capaian yang baik. Artinya TP PKK setempat dan para kader Posyandu sangat aktif dalam mensosialisasikan KAK ini. Dengan banyaknya donatur otomatis semua program kegiatan diposyandu dapat bergerak dengan baik,” katanya.

Dirinya mengajak TP PKK Kecamatan dan Desa agar terus bergerak aktif dalam mendukung kemajuan desa masing-masing, diantaranya seperti memajukan peran posyandu ini. Dirinya menegaskan Posyandu bukan hanya tugas dari Dinas Kesehatan tapi semua elemen desa setempat juga berperang.

“Para ketua TP PKK Kecamatan dan Desa juga aktif menyampaikan permasalahan yang ada di desa masing-masing terutama melalui Musrenbangdes. Karena ini penting,”ujarnya.

Ketua FKPI Sukadi mengatakan, di Kecamatan BP Bangsa Raja mulai dari para kader Posyandu dan TP PKK memang cukup aktif mensosialisasikan KAK ini, mulai dari ditempat pengajian acara-acara ditempat masyarakat lainnya. Dirinya menjelaskan, pada program KAK ini masyarakat tidak diminta beberapa yang harus disumbangkan namun yang lebih penting seberapa banyak masyarakat ikut perhatian dalam mendukung kemajuan Posyandu di desa masing-masing.

“Kita sedang membuat aplikasi yang nantinya masyarakat, Kepala Desa, Camat dan siapa saja dapat mengakses laporan dana KAK ini. Intinya kita berbuat disini ikhlas untuk kemajuan Posyandu. Karena apa, di posyandu ini ada warga prasejahtera, kalau tidak kita perhatikan siapa yang mau mensejahterakan mereka, tentu tidak selesai oleh Bupati dan Dinas terkait saja. Maka disini kita hadir ikut mendorong kemajuan di posyandu,” ujarnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kecamatan BP Bangsa Raja Nyonya Melly Susanti Andrie mengatakan, penghargaan ini sebenarnya bukan tujuan utama namun yang lebih penting bagaimana ikut mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur Memajukan OKU Timur maju lebih mulia, diantaranya pada program mulia melalui posyandu.

“Tentu penghargaan ini sebagai motivasi kita semua, motivasi untuk TP PKK di desa dan para kader Posyandu di Kecamatan BP Bangsa Raja. Namun yang lebih penting bagaimana kita ikut berkontribusi dalam memajukan wilayah kita diantaranya memajukan posyandu ini,” ujarnya.

Program KAK dari FKPI ini sendiri bergerak di bidang penghimpunan dana secara suka rela dari masyarakat. Jika dana itu sudah terkumpul akan diperuntukkan untuk keberlangsungan posyandu diantaranya untuk memberikan makanan tambahan kepada lansia, ibu hamil dan balita prasejahtera di posyandu, untuk beasiswa anak prasejahtera dan penekanan stunting. (fah)

LAINNYA